Waspadai Gejala Sepele Kanker Hati

Aksi simpatik peringati Hari Hepatitis Sedunia
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVAnews - Kanker hati merupakan kanker kelima yang paling umum diderita pria dan kanker ketujuh yang jamak menimpa wanita. Gejala awal penyakit ini antara lain sakit di bagian perut, mengalami penurunan berat badan, dan jika diraba bagian atas perut bagian kanan terasa ada benjolan.

"Mereka yang terinfeksi virus Hepatitis B atau C rentan terkena kanker hati," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Pondok Indah, Rino A Gani di Jakarta, Sabtu, 25 Februari 2012.

Rino menjelaskan, kanker hati itu salah satu penyakit yang berkaitan dengan sistem hepatobilier dan pankreas. Beberapa penyakit lainnya adalah batu empedu, sirosis atau pengerasan hati, hepatitis, tumor hati, perlemakan hati, dan kanker pankreas.

"Gangguan fungsi hati dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi virus hepatitis, konsumsi alkohol berlebih, diabetes, obesitas, zat-zat toksik, gangguan genetik dan kanker," kata Rino.

Menurut Konsultan Gastroenterologi & Hepatologi, Suyanto Sidik, tipe hepatitis yang umum menyerang adalah hepatitis A, B dan C.

"Hepatitis A merupakan penyakit hati akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang ditransmisikan melalui air atau makanan yang terkontaminasi virus. Sementara hepatitis B disebabkan virus hepatitis B yang ditransmisikan melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh," kata Suyanto.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Femmy Nurul Akbar, menambahkan bahwa hampir sama dengan hepatitis B, hepatitis C juga ditularkan melalui kontak dengan darah yang terkontaminasi virus. "Infeksi virus hepatitis C terkadang berujung pada penyakit akut yang dapat berubah menjadi kondisi kronis seperti sirosis hati atau kanker hati."

Femmy mengatakan banyak orang sering terlambat menyadari penyakit hati karena gejala yang muncul terkesan sepele. Di antaranya badan terasa lelah dan lemas, mual dan muntah, kehilangan nafsu makan serta demam yang seringkali dianggap sebagai gangguan masuk angin.

"Mereka baru menganggap serius jika mengalami muntah darah, kulit dan mata menjadi kekuningan, pembengkakan dan nyeri pada abdomen (perut), kulit mudah memar dan mengalami pendarahan (gusi berdarah atau pendarahan hidung) serta gangguan mental," kata Femmy. (umi)

Baca juga: Sejuta Khasiat Temulawak

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife
Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024