VIDEO: Mobil dengan Teknologi Rem Cerdas

Mazda CX-5
Sumber :
  • Autoblog

VIVAnews - Rem merupakan salah satu komponen sangat vital dari setiap mobil. Beberapa produsen otomotif dunia pun terus melakukan inovasi untuk menciptakan teknologi cerdas dari rem.

Salah satunya adalah Mazda. Pabrikan asal Jepang ini mengembangkan Smart City Brake Support (SCBS) yang akan terpasang di CX-5. Teknologi di SCBS diharapkan mampu menghindari terjadi kecelakaan.

Dilansir Gizmag, Senin 13 Februari 2012, teknologi keselamatan yang tersemat di mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini, menggunakan sebuah sensor laser untuk mendeteksi kendaraan atau rintangan yang berada di depannya.

Sensor ini terletak di atas kaca depan. Sistem SCBS berfungsi ketika mobil berjalan antara 4-30 km/jam.

Adapun untuk cara kerjanya, hasil deteksi dari sensor laser itu akan secara otomatis melakukan pengereman mobil, jika pengemudi tidak bertindak untuk menghindari kecelakaan dengan bermanuver atau menekan pedal rem.

Sistem SCBS juga mencakup Acceleration Control for Automatic Transmission. ACAT dapat membantu pengemudi menghindari akselerasi yang tidak disengaja, dimana seharusnya menekan pedal rem namun pengemudi menginjak pedal akselerator. Lihat videonya di sini.

CX-5 rencananya diluncurkan pada musim semi 2012 untuk pasar Jepang. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.540 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1670 mm  dan wheelbase 2.700 mm.

Mazda CX-5 diklaim memiliki bobot paling ringan dan aerodinamis di kelasnya. Kapasitas bagasinya mencapai 500 liter. Sedangkan dapur pacunya disokong mesin bensin SKYACTIV-G 2.0, yang mampu menghasilkan tenaga 165 hp dan torsi 210 Nm. (sj)

Ungkap Momen Pelukan Terakhir dari Babe Cabita, Istri: Terasa Hangat
Ilustrasi lokasi di Korea.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Menjelang musim yang lebih hangat, banyak orang mulai merencanakan liburan ke Korea Selatan. Jika kamu termasuk yang berencana pergi ke sana, berikut ada beberapa tipsnya

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024