Apa Saja Mobil Paling Aman Saat Kecelakaan

Uji tabrak EuroNCAP
Sumber :
  • Caradvice

VIVAnews - Program Penilaian Mobil Baru Eropa atau EuroNCAP (European New Car Assessment Programme) mengumumkan lima jenis mobil yang paling aman saat terjadi kecelakaan.

Dilansir Caradvice, Rabu 1 Februari 2012, untuk kelas Supermini berhasil diraih oleh Chevrolet Aveo (Holden Barina), kemudian di kelas Small family direbut oleh Ford Focus.

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Adapun untuk kelas Small MPV diraih Mercedes-Benz B-Class. Audi Q3 juga sukses di kelas Small off-road 4×4. Dan terakhir di kelas Large family diraih Volvo V60.

Sedangkan runners-up dengan berbagai kategori diraih Toyota Yaris, Hyundai ix20, Lexus CT200h, Chevrolet Malibu, Opel Zafira Tourer, BMW X1 dan Mercedes-Benz M-Class.

Chevrolet Aveo mampu mencetak angka 87 persen dan tertinggi untuk perlindungan penumpang khususnya anak-anak. Focus mencetak 72 persen dalam uji perlindungan untuk pejalan kaki.

Mercy B-Class juga memiliki hasil yang memuaskan. Sedan premium ini mencatat 97 persen untuk perlindungan penumpang dewasa. Tak mau kalah, Volvo V60 mencapai nilai sempurna dalam fitur keamanan, yang meliputi City Safety dengan sistem pengereman darurat (AEB).

"Kasus keselamatan untuk sistem AEB sangat kuat. Jadi kami sangat mendorong produsen untuk meningkatkan ketersediaan sistem seperti itu pada mobil baru," kata Euro NCAP secretary general, Michiel van Ratingen.

Ia menambahkan, standar Euro NCAP akan semakin diperketat pada tahun 2012. Ini dilakukan untuk meningkatkan perlindungan kepada pejalan kaki, dengan skor minimum dari 40 persen menjadi 60 persen. (umi)

Pre-order Seri iPhone 15 di Jakarta.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Apple diminta untuk menciptakan iPhone murah seperti HP Android pada umumnya. Namun, saran ini sepertinya sulit dilaksanakan karena Apple tidak ingin menurunkan standar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024