Daftar Mobil Paling Aman di Awal 2012 (1)

Audi A6
Sumber :
  • Audi.com

VIVAnews - Faktor keselamatan dan keamanan menjadi syarat terpenting bagi setiap konsumen ketika memilih sebuah kendaraan. Mereka pada umumnya juga memprioritaskan faktor lainnya, seperti kualitas yang baik, nilai jual kendaraan dan performanya.

Bahkan, berdasarkan hasil survei laporan konsumen, 65 persen responden mengatakan keselamatan adalah prioritas utama ketika membeli. Survei itu juga menyebutkan  74 persen responden wanita paling selektif untuk membeli kendaraan pribadi.

Fitur keselamatan memang menjadi modal utama para produsen mobil untuk bisa memikat konsumen. Tak jarang dari mereka juga terus berlomba-lomba menciptakan mobil dengan fitur keselamatan dan keamanan super canggih.

Menurut catatan Transportasi dari US Department, angka kecelakaan pada periode 2010, menyebabkan 32.885 korban tewas. Angka tersebut turun 2,9 persen sejak 2009 silam, karena bertambahnya fitur keselamatan.

Belum lama ini, majalah Forbes merilis daftar 10 mobil yang memiliki tingkat keselamatan dan keamanan tertinggi di awal tahun 2012. Berikut daftarnya:

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

1. Audi A6

Dengan desain teranyar, Audi A6 memiliki tampilan bodi yang baik, interior nyaman, serta sederet fitur berteknologi tinggi untuk menunjang keselamatan. Seperti meminimalisir gejala 'blind spot', ESP (fitur yang dapat membuat mobil tetap stabil ketika menikung), peringatan untuk menghindar dari tabrakan, dan sistem penglihatan di malam hari.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

2. BMW Seri 5

Sedan premium buatan Jerman ini diklaim sebagai salah satu mobil paling aman. Dengan angka uji tabrak terbaik, Seri 5 telah dilengkapi segudang fitur keselamatan aktif termasuk adaptive headlamps. Kemudian fitur lainnya, seperti pemantau 'blind spot', peringatan tabrakan dan keberangkatan, penglihatan pada malam hari, serta kamera pemantau di samping dan di atas mobil.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

3. Infiniti EX 35

SUV crossover berkapasitas lima penumpang ini dilengkapi fitur berteknologi tinggi untuk menunjang gadget penggunanya. Mobil ini menawarkan fitur keselamatan berupa adaptive headlamps, pemantau blind spot, peringatan benturan, peringatan keberangkatan, dan kamera pemantau di samping dan di atas mobil.

4. Infiniti M37/M56

Selain memiliki lekukan bodi yang eksotis. Sedan andalan Infiniti ini menawarkan fitur keamanan yang canggih, yakni adaptive headlamp, memantau area blind spot, peringatan sebelum perjalanan dan tabrakan.

5. Mercedes-Benz E-Class

Sedan coupe besutan Mercedes-Benz juga hadir dengan fitur keamanan dan keselamatan bagi pengemudi dan penumpangnya. Mulai dari adaptive headlamp, pemantauan area blind spot, peringatan menghindari tabrakan, airbags di samping belakang mobil, peringatan keberangkatan, dan fitur night vision. Fitur canggih lainnya adalah Attention Assist membantu pengemudi jika dalam keadaan mengantuk. Bersambung..

Laporan: Randi Aditya, umi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya