30 Mobil Model Terbaru Siap Diluncurkan

Suzuki Ertiga
Sumber :
  • Motorbeam

VIVAnews - Persaingan pasar mobil Indonesia tahun ini akan semakin ketat. Seluruh produsen otomotif dunia berlomba-lomba meluncurkan produk terbarunya. Sekitar 30 mobil model terbaru siap diluncurkan di dalam negeri.

Lembaga riset dan analisis internasional Frost & Sullivan memprediksi total volume penjualan di industri otomotif Indonesia naik moderat sebesar 6,5 persen year on year hingga 948.500 unit pada 2012.

Peningkatan itu tidak terlepas dari banyaknya mobil model terbaru yang akan diluncurkan beberapa produsen otomotif dunia. Terutama produsen asal Jepang, yakni Toyota, Honda, dan Suzuki.

"Produsen-produsen Jepang, terutama Toyota, Honda, dan Suzuki akan berlomba-lomba menjadi yang terdepan dengan memperkenalkan model-model terbaru mereka. Bila dijumlahkan akan mencapai sekitar 15-20 model pada 2012," kata Vice President and Automotive Practice Frost & Sullivan Asia Pasifik, Vivek Vaidya, dalam acara Outlook Industri Otomotif 2012, yang diselenggarakan Gaikindo di Hotel Intercontinental Mid Plaza, Jakarta, Rabu 18 Januari 2012.

Menurut dia, jika dijumlahkan, dari seluruh produsen mobil di Indonesia, ada sekitar 25-30 mobil model terbaru maupun facelift, yang siap diluncurkan pada tahun ini.

Dia menambahkan, Ford, Hyundai, Proton, dan BMW juga diperkirakan menandai pasar Indonesia dengan memperkenalkan lebih dari dua model tahun ini.

Penjualan kendaraan pada 2012 akan didorong oleh segmen 4x2 dengan pertumbuhan sebesar 6,5 persen year on year hingga 606.100 unit.

Sedangkan untuk segmen sedan, diperkirakan turun 4,5 persen year on year menjadi 25.520 unit sebagai akibat dari beralihnya pilihan konsumen dari sedan ke model SUV dan mobil kompak perkotaan.

Adapun untuk segmen 4x4 akan tumbuh 12,3 persen year on year mencapai 6.380 unit yang didukung oleh model-model populer saat ini, seperti Pajero, Ford Ranger, dan beberapa model merek premium lainnya.

Sementara itu, seiring dengan tumbuhnya ekonomi, segmen truk pickup juga akan tumbuh signifikan sebesar 7,6 persen year on year hingga 286.281 unit pada 2012. Dan untuk segmen double cab diprediksi tumbuh 8,1 persen year on year hingga 20.183 unit. (art)

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Menaker Ida Fauziyah Raih 2 Penghargaan dari The Iconomics

Menaker Ida Fauziyah berhasil meraih 2 Penghargaan di ajang “5th Anniversary Indonesia Best 50 CEO Awards, Popular Leader Awards, & 20 Inspiring Women Awards.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024