VIDEO: Mobil Rakitan Siswa SMK Semarang

Setelah Kiat Esemka dari Surakarta, siswa Semarang hasilkan mini truk.

Jum'at, 6 Januari 2012, 15:16 Eko Huda S
Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK (VIVAnews/ Fajar Sodik)

VIVAnews - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kembali berhasil merakit sebuah mobil. Setelah mobil Kiat Esemka rakitan siswa SMK di Surakarta mencuat, kini giliran siswa SMK Negeri 1 Kota Semarang mengeluarkan mobil rakitan mereka.

Sebuah mobil jenis pickup besar atau mini truk dengan mesin berkapasitas 1500 cc mereka hasilkan. Biaya produksinya hanya Rp75 juta. Spesifikasi dan kemampuan mini truk ini diklaim tak kalah bersaing dengan produk pabrikan, meski 60 persen komponennya masih diimpor.

Prestasi siswa SMK Negeri 1 Kota Semarang ini merupakan bantuan dari Kemendikbud. Pada Desember 2011, SMKN 1 Kota Semarang mendapat bantuan  berupa dua mesin dan sejumlah komponen impor dari pabrikan China.

Namun, tak seperti Walikota Solo Joko Widodo yang langsung menggunakan mobil Kiat Esemka sebagai mobil dinas, Walikota Semarang, Sumarmo enggan memakai mobil karya siswa SMK Semarang ini. Dia lebih memilih untuk menunggu mobil ini lulus uji kelaikan.

"Ga usah cari perhatian, kalau cari perhatian banyak seperti itu. Yang penting motivasi kepada para siswa. Ojo narsis," kata dia. (ANTV)

Lihat video mobil rakitan siswa Semarang itu di sini.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
error_bandit
10/01/2012
GUANGDONG FODAY EXPLORER III, front lamp & bumper CRV, rear lamp Panther
Balas   • Laporkan
varduxx
08/01/2012
wis kono podo dolanan mobil dari pada podo tawuran. ora usah rebutan. sing tuwo gari ndeloke bae.
Balas   • Laporkan
dr.pukimak | 08/01/2012 | Laporkan
ni orang ngemeng apa ya???
dispenser
07/01/2012
Yaa.. semoga kedepannya Anak BAngsa tidak hanya bisa merakit, tapi memproduksi. Yang penting semuanya senaaang... komentar apa pun sejalan dengan demokrasi syah-syah aja. asal jangan jotos2an. Peacee laaah...
Balas   • Laporkan
frendy666
07/01/2012
makin banyak pengguna kendaraan makin banyak juga polusi yang ditimbulkan
Balas   • Laporkan
brasta
07/01/2012
mantap,semoga lebih sukses kedepanya hargai orang berpendapat :D
Balas   • Laporkan
tola-tole
06/01/2012
itu sih hanya merakit ,bukan berproduksi, mesin dan onderdilnya dr china, kalo memproduksi ya semuanya mesin dllnya made in indonesia, baru bisa dibanggakan, sudahlah jgn ribut2, kita lihat aja kelanjutannya, sepeda motor aja belom bisa buat sendiri.. apa
Balas   • Laporkan
jablaykun | 09/01/2012 | Laporkan
ring seher, katup, altenator dari Jepang. Utk sistem injeksi dari Korea.Transmisi
budhis | 08/01/2012 | Laporkan
sekarang gw tanya, selama loe hidup, karya apa yg udah elo ciptain???
kilo | 07/01/2012 | Laporkan
banyakin baca bos.80% lokal..itu kriteria mobnas.lagian kamu pasang stikernya aja blm tentu bisa ko mencela..ngaca donk bos
dyil17
06/01/2012
mantap tuh ternyata indonesia juga bisa
Balas   • Laporkan
jablaykun | 10/01/2012 | Laporkan
ruagil@.tidak ada penghargaan buat penjiplakan karya org lain,mobil smk jiplakan abis dari foday cina,bahkan udah diakui sendiri ama si kiat
ruagil | 06/01/2012 | Laporkan
mending bisa merakit...anda bisa apa?tola-tole komen doang kan...belajar menghargai usaha seseorang
tola-tole | 06/01/2012 | Laporkan
bisa apa bung, kalo merakit ya sudah lama bisa, yang jadi masalah, apa bisa dijual murah, tapi berkualitas, kalo emang bisa ,pabrikan china buat perakitannya disini,pasti lebih murah donk drpd esemka hanya merakit 1 doang...???
dr.pukimak
06/01/2012
kemarin mobil sekarang truk...tapi tetap klaimnya sama yaitu hasil buatan smk, klw benar2 buatan smk tolong mesin dan smuua interiornya buatan smk baru bisa klaim ini ali buatan smk..menurut analisis aku mobil ini akan menambah kemacetan & polusi saja....
Balas   • Laporkan
jablaykun | 10/01/2012 | Laporkan
hamdiqta@ org pendidikan rendah spt ente yg nasionalisme buta,asal ngedukung aja,nggak pake mikir lagi,mobil smk 95% cina bos
hamdiqta2123 | 06/01/2012 | Laporkan
ini contoh orang yang kurang rasa nasionalisme nya,..kalo ngak dimulai dari sekarang, kapan indonesia bisa maju coba.. dukung mobil nasional", kembangkan terus...
dr.pukimak | 06/01/2012 | Laporkan
ini demokrasi bung..kebebasan berpendapat dilindungi dlm UUD 45...makanya belajar PPKN lo pada...


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com