Dua Mobil Rakyat India Curi Perhatian Dunia

Mobil Bajaj RE60
Sumber :
  • REUTERS/ B Mathur

VIVAnews - Tata Nano dan Bajaj RE60 bisa dibilang menjadi salah satu kesuksesan industri otomotif India, untuk tidak lagi dipandang sebelah mata oleh produsen-produsen mobil di dunia.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Kedua 'mobil rakyat' ini menjadi buah bibir dan sorotan industri otomotif dunia. Memiliki harga yang murah dan desain yang cukup unik, menjadikan mobil ini layak untuk diperhitungkan.

Tata Nano memang hadir lebih dulu ketimbang Bajaj RE60. Nano yang dikenal sebagai mobil termurah sejagat ini, merupakan ide brilian dari Ratan Tata. Ia bermimpi memberikan mobil mengkilap kepada warga miskin India yang selama ini hanya menggunakan sepeda motor.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Meski dalam perjalanannya, Tata Motors, harus menghadapi perjuangan yang cukup berat. Berbagai masalah dihadapinya, mulai dari minimnya keselamatan dari Tata Nano, yang sering kali terbakar. Hingga adanya adanya strategi pemasaran dan perilklan yang baik. Baca juga ambruknya proyek brilian Tata, mobil Nano.

"Nano selalu menjadi sorotan media di dunia. Mimpi setiap orang memiliki mobil menjadi terwujud dengan modah. Karena Nano merupakan mobil seharga sepeda motor," kata Ashvin Chotai, Managing Director perusahaan konsultan otomotif Asia di London, seperti dilansir Reuters, Kamis 5 Januari 2012.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Namun, kata Ashvin, ke depannya Nano masih harus berjuang untuk menemukan pasarnya. Bukan hanya di dalam negeri, tapi juga di pasar otomotif dunia.

Perlahan tapi pasti, Tata Motors mulai melakukan pembenahan diri. Diakhir tahun 2011, ia meluncurkan generasi terbaru dari mobil termurah sejagat, Tata Nano 2012.

Mobil ini memang tidak mengalami perubahan apapun dari segi desain eksterior. Namun, Tata Nano 2121 menjadi lebih mewah, elegan, dan tentunya memiliki tingkat keselamatan yang sangat baik.

Nano 2012 tidak mengalami perubahan harga dari generasi sebelumnya. Harga yang dibanderol masih Rs.1,40 lakhs atau sekitar Rp25 juta (versi terendah) di India. Lihat spesifikasi detailnya di sini.

Tak mau ketinggalan, produsen otomotif spesialis tiga roda asal India, Bajaj Auto, juga meluncurkan mobil jenis city car, yang diberi nama Bajaj RE60. Mobil ini memang digadang-gadang akan menjadi pesaing kuat mobil termurah sejagat, Tata Nano.

Mobil mungil ini memiliki kemiripan desain dengan Suzuki Wagon R dan Fiat Uno. Bajaj RE60 merupakan pengembangan mobil kecil Bajaj yang berada di bawah pengawasan proyek Ultra Low Cost (UCL). Lihat spesifikasinya di sini.

"Kami ingin memberikan solusi sebuah mobil perkotaan yang irit, ramah lingkungan, dan memiliki harga terjangkau," kata bos Bajaj Auto MD, Rajiv Bajaj.

Bajaj RE60 mulai diproduksi massal dalam waktu beberapa bulan ke depan. Setelah dipasarkan di India, BAI juga akan mengekspor RE60 ke pasar otomotif Sri Langka. Rencananya, Nissan-Renault juga akan menangani pemasaran mobil Bajaj tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya