Daftar Mobil yang Kena Recall di Akhir 2011

Logo General Motors
Sumber :
  • Reuters/Mark Blinch

VIVAnews - Menjelang tutup tahun, beberapa produsen mobil terbesar dunia, seperti Nissan dan General Motors harus melakukan recall atau penarikan kembali produknya. Recall dilakukan akibatnya adanya masalah di bagian komponen mobil-mobil tersebut.

National Highway Traffic Safety (NHTSA) melaporkan, 14.700 unit yang terdiri dari empat merek Nissan dan dua Infiniti, harus ditarik kembali lantaran mengalami cacat produksi pada baut sistem pelumasan, yang berfungsi sebagai pengikat antara sistem pendingin dan saringan oli ke mesin.

Keempat merek Nissan di antaranya Pathfinder 2011-2012, Xterra 2011-2012, NV 2012 dan Frontier 2012. Sementara dua merek premium Nissan seperti Infiniti FX 2011 dan M 2012.
 
Jika tidak segera ditanggulangi maka akan mengakibatkan kebocoran oli, dan mengganggu kinerja mesin karena kekurangan oli. Recall akan diberlakukan pada pertengah Januari 2012. Semua perbaikan dan penggantian komponen tidak dikenakan biaya.

Seperti dikutip Autoevolution, hal serupa juga dialami General Motors (GM). Mereka terpaksa menarik 15.627 unit dari varian SUV Chevrolet Captiva model 2011 dan 2012. Recall dilakukan karena adanya masalah serius pada bagian cairan power steering, yang berpotensi membuat mesin menjadi overheat (panas yang berlebih).

Overheat tersebut bisa menjadi sumber api di kompartemen mesin yang bisa membuat mobil terbakar. Dan itu paling sering terjadi saat transmisi berada di posisi gigi satu di bawah modus manual dalam waktu yang lama.

Tidak hanya itu, produk SUV General Motors lain, Cadillac SRX juga mengalami masalah dan harus dilakukan recall. Sedikitnya 15 ribu unit model Cadillac SRX dari seluruh dunia ditarik kembali.

Dari 15.000 Cadillac SRX tersebut, sebanyak 8.789 unit tersebar di wilayah Amerika Serikat. Sedangkan tahun lansiran yang terkena status recall adalah model 2010 dan 2011 serta varian yang keluar dari 26 Oktober 2008 hingga 23 Juni 2011.

Sport Utility Vehicle (SUV) premium ini mengalami masalah pergeseran pada kabel transmisi karena tidak terpasang dengan benar saat diproduksi.

Ini adalah recall yang keempat kalinya untuk SRX. Sebelumnya, Cadillac SRX memiliki masalah pada airbag bagian samping rusak, sistem turbo yang tidak berfungsi dengan baik dan juga masalah pada sabuk pengaman.  (adi)

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem

Mantan Staf KhususSyahrul Yasin Limpo alias SYL di Kementan RI, Imam Mujahidin Fahmid mengatakan dirinya sempat mendapatkan perintah dari SYL untuk mengurus ultah NasDem.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024