Astra Tambah Kapasitas Produksi Skutik

Pabrik perakitan sepeda motor Honda.
Sumber :
  • PT Astra Honda Motor

VIVAnews - PT Astra Honda Motor (AHM), perusahaan patungan antara PT Astra International Tbk dengan Honda Motor Co, akan menambah kapasitas produksi model skutik sebanyak 200.000 unit pada Maret 2012, sehingga total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia mencapai 4,4 juta unit per tahun.

“Dalam penambahan kapasitas ini kami membutuhkan investasi Rp104,3 miliar,” kata President Director AHM Yusuke Hori dalam keterangan tertulis Honda, Kamis 22 Desember 2011.

Dengan prediksi total pasar motor Indonesia lebih dari 8 juta unit, AHM memprediksi penjualannya pada tahun ini mencapai sekitar 4,3 juta unit. Angka ini mengalami pertumbuhan 880.000 unit atau meningkat 25% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 3,42 juta unit.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan, untuk memenuhi permintaan sepeda motor yang terus meningkat, AHM telah menambah kapasitas produksi secara bertahap sejak tahun lalu, dan mulai akhir Juli telah mulai mengoperasikan fasilitas produksi yang terintegrasi, khusus untuk memproduksi skutik di dalam area Plant 3 AHM, di Cikarang, Jawa Barat.

Mahfud MD Jelaskan Alasan Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres di KPU

Dengan beroperasinya pabrik ini, maka kapasitas produksi model skutik telah bertambah sebesar 500.000 unit. "Total kapasitas produksi dari Plant 1 sampai Plant 3 telah meningkat menjadi 4,2 juta unit," kata Loman.

Banyaknya permintaan konsumen atas sepeda motor Honda, maka mulai Maret tahun depan, sebagian mesin produksi di pabrik skutik Honda di Cikarang ditambah dan line assembling unit akan berproduksi dengan 3 shift, dan kapasitas produksi direncanakan akan bertambah sebesar 200 ribu unit.

Dengan penambahan kapasitas produksi ini, maka diharapkan AHM dapat memenuhi target penjualan sebesar 4,8 juta unit dengan memanfaatkan waktu kerja lembur. Perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menambah kapasitas produksi dalam menyambut pertumbuhan permintaan yang terus berlanjut pada 2013 dan seterusnya.

“Penambahan kapasitas produksi ini tidak hanya untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat, tapi tentu akan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat dan memberikan nilai tambah bagi industri sepeda motor di Tanah Air,” kata Loman. (umi)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Berkelakar Singgung Senyuman Berat, Anies: Kan Beliau yang Alami, Kita Biasa Aja

Prabowo dalam pidato di KPU menyinggung Anies dan Cak Imin karena melemparkan senyuman yang berat lantaran pernah mengalami kondisi yang sama.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024