Auris, Mobil Toyota Pertama Bermesin BMW

Toyota Auris
Sumber :
  • Autoevolution

VIVAnews - Kolaborasi antara BMW dan Toyota untuk membuat mobil secara bersama-sama pada tahun 2014 akan segera terwujud. Rencananya model pertama yang akan menjadi project keduanya, adalah Toyota New Auris.

Mobil jenis hatchback ini nantinya akan menggunakan mesin diesel BMW. Sebaliknya, Toyota akan berbagi teknologi Electric Vehicle untuk diadopsi BMW.

Dilansir Autocar dan Autoevolution, Kamis 22 Desember 2011, alasan dipilihnya New Auris oleh Toyota dalam kerjasama dengan BMW, adalah upaya untuk bisa mengalahkan kompetitor Auris di Eropa, seperti Ford Focus dan VW Golf. Pasalnya, mesin diesel BMW yang kompetitif akan meningkatkan daya tarik untuk Toyota Auris.

Seperti diketahui, Auris memiliki line up lima dan tiga pintu. Auris ditawarkan dengan tiga varian mesin diesel berbeda. Sebagai dasar, 1.4 D-4D dengan daya 90 tenaga kuda dan akselerasi 0 sampai 100 km/jam, dalam waktu 12 detik. Kemudian, varian 2.0-liter dengan daya output 128 tenaga kuda. Sebagai level tertinggi, mesin diesel 2.2-liter dengan hasil 177 tenaga kuda.

Meski melakukan kerjasama, BMW sedikit memberikan batasan kepada Toyota perihal mengadopsi mesin dieselnya. Terlihat pada keputusan larangan Lexus menggunakan teknologi diesel ini.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh

Tapi di sisi lain, Toyota memberi kebebasan kepada BMW mengembangkan teknologi hibrida tanpa batas. Toyota berpasangan dengan Panasonic dalam mengembangkan teknologi baterai, termasuk pembuatan sel-sel lithium ion baru.

"Dalam semangat berkontribusi untuk memajukan perkembangan industri otomotif dan masyarakat, kedua perusahaan akan membawa pengetahuan mereka, mulai dengan teknologi ramah lingkungan dan akan membuat mobil lebih baik," kata Presiden Toyota, Akio Toyoda.

Barcelona Cegah Xavi Pergi
Rusia Kirimkan 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Russia Delivers Over 29 Tons of Humanitarian Aid for Gaza

Russia on Wednesday said the country delivered over 29 tons of humanitarian aid for the besieged Gaza Strip, where more than 32,400 Palestinians have been killed since Oc

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024