Spesifikasi Calon Mobil Termurah untuk RI

Tata Nano 2012
Sumber :
  • Motorbeam

VIVAnews - Ekspansi produsen mobil murah asal India, Tata Motors, di pasar otomotif tanah air semakin dekat dan segera terwujud. Meski belum dipastikan kapan waktu tepatnya, tapi sinyal itu sudah diberikan oleh Tata Motors.

Langkah ekspansi ini dinilai momen yang tepat, karena Tata Motors baru saja meluncurkan generasi terbaru dari Tata Nano. Mobil mungil ini digadang-gadang menjadi produk pertama Tata Motors yang akan dihadirkan di Indonesia.

Dilansir Cardekho dan Motorbeam, Selasa 20 Desember 2011, Nano 2012 merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Memang dari segi desain eksterior, mobil ini tidak mengalami perubahan besar dibandingkan generasi lawasnya.

Namun, Tata Motors sengaja memberikan sentuhan warna baru pada interior Nano 2012. Ini dilakukan untuk memberikan kesan mewah dan elegan. Ada tiga warna berbeda dari setiap varian Nana 2012. Warna beige menghiasai kabin Nano LX, warna interior hitam di Nano CX, dan warna graphite di Nano Standard.

Nano 2012 masih dibekali mesin 624 cc. Sedangkan konsumsi bensin Tata Nano 2012 menjadi 25,4 km/liter atau lebih irit 1,8 km/liter dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, tenaganya pun naik dari 35 hp menjadi 38 hp. Dan torsinya naik 3 Nm dari 48 Nm.

Mobil yang memiliki bobot 600 kg ini, memiliki kecepatan maksimal 105 km dan mengeluarkan gas buang emisi 92,7 gr/km. Penyempurnaan lainnya juga dilakukan dari segi suspensi termasuk memasang anti-roll bar di depan.

Di negara asalnya, India, Nano 2012 dibanderol Rs.1,40 lakhs atau sekitar Rp25 juta (versi terendah). Meski merupakan varian baru, mobil ini tidak mengalami perubahan harga dari generasi sebelumnya.

Ada 10 pilihan warna untuk Tata Nano 2012, di mana 8 di antaranya merupakan warna baru. Seperti Pearl White, Rouge Red, Aqua Blue, Neon Rush, Serene White, Meteor Silver, Mojito Green, Papaya Orange, Sunshine Yellow, dan Champagne Gold.

Memang belum dipastikan apakah Tata Nano 2012 dengan spesifikasi ini yang akan dihadirkan di Indonesia. Yang pasti, jika ekspansi itu benar terwujud, Tata Motors tentunya akan menyiapkan produk andalannya agar bisa bersaing dengan kompetitor lainnya, terutama produsen asal Jepang, Amerika Sekitat, Eropa, Korea Selatan, dan China.

Sebelumnya, kepastian perihal ekspansi Tata Motors di Indonesia diutarakan oleh orang dalam perusahaan, yang tidak mau disebutkan namanya. Ia mengungkapkan, Tata Motors rencananya akan menggandeng perusahaan lokal di Indonesia dan sudah mencapai kesepakatan bersama. Lihat tautan beritanya di sini.

Sekedar diketahui, Tata Nano dinilai telah mengecewakan konsumennya di India, karena banyak memiliki kekurangan dan kecacatan dari segi manufaktur. Hal ini menyebabkan Tata Nano terbakar dan membahayakan konsumennya.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia
Ilustrasi malas gerak (mager).

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

Menjadi malas atau mager adalah perilaku yang tidak menguntungkan. Selain menghambat produktivitas, berikut adalah deretan negara malas gerak di dunia yang diteliti ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024