FOTO: Skutik Paling Irit Milik Suzuki

Launching Motor Suzuki NEX
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kehadiran Suzuki Nex digadang-gandang menjadi titik awal kebangkitan produsen motor berlambang 'S' ini di tanah air. Skutik dengan volume silinder 113 cc itu memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya, seperti Yamaha Mio dan Honda Beat.

Selain memiliki body ringan dan tenaga besar, mesin Nex diklaim Suzuki paling irit BBM di kelas motor matik 110 cc. Produk ini telah memperoleh rekor MURI untuk kategori motor matik paling irit. Teruji di Sirkuit Sentul pada 20 oktober 2011 lalu, pada kecepatan 40 km per jam selama 30 menit, motor ini mampu menempuh jarak 79,6 km untuk satu liter bensin. Lihat foto-fotonya di sini.

Pada torsi maksimum, motor ini mampu mencapai 8,7 Nm/6.500 rpm. Efisiensi bensin diraup dari TPS (throttle position sensor) yang mengatur pengapian sesuai posisi akselerator. Bobot skutik yang cuma 87 kg juga membantu meningkatkan efisiensi BBM.

Skutik Nex memberikan kemudahan bagi perempuan dan pemula untuk mengendarainya. Sebab, tinggi joknya hanya 735 mm. Terdapat juga dua rak di balik perisai, yang bisa menyimpan botol minuman 500 ml. Di bawah jok tersedia juga bagasi berkapasitas 4,8 liter. Volume bagasi diklaim terbesar di kelasnya.

Suzuki Nex hadir dengan enam pilihan warna, yaitu hijau, putih, pink, merah, hitam dan biru. Skutik ini dilepas dengan harga Rp12,35 juta on the road wilayah Jakarta. Harga itu sudah termasuk velg casting wheel. (Laporan: Arnes Ritonga | kd)

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024
Kasus Trabrakan beruntun teejadi di gerbang tol Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Polisi telah menetapkan sopir truk berinisial MI yang menjadi penyebab kecelakaan beberapa kendaraan di gerbang tol Halim sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024