Airbag Bermasalah, Honda Tarik 304 Ribu Mobil

Honda CRV
Sumber :
  • caradisiac.com

VIVAnews - Honda Motor harus menarik kembali atau recall 304 ribu unit mobilnya di seluruh dunia, lantaran mengalami masalah pada sistem airbag pengemudi.

Seperti dilansir Dailymail, Minggu 3 Desember 2011, sistem airbag itu bermasalah karena menggunakan bahan kimia yang salah dalam pembuatannya. Sehingga sistem penggerak airbag dapat menyebarkan tekanan yang berlebihan, dan menyebabkan casing inflator pecah.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Logam-logam yang terdapat di dalam inflator ini akan ikut terlempar seiring mengembangnya airbag dan melukai penumpang bahkan hingga berujung ke kematian.

"Honda menyerukan kepada para konsumen agar membawa mobilnya ke dealer-dealer resmi,” demikian pernyataan resmi Honda.

Recall paling banyak terjadi di Amerika Utara, sebanyak 300 ribu unit. Dengan perincian 273 ribu unit di Amerika Serikat dan 27 ribu di Kanada. Dengan jenis mobil pada kedua negara tersebut adalah Accord, Civic, Acura TL, CL, Odyssey, Pilot, CR-V.

Sedangkan untuk Jepang akan ditarik 2000 unit (Inspire, Saber, Lagreat). Kemudian 2000 unit lainnya berada di beberapa negara seperti Australia (336 units), Taiwan (223 units), Singapura (58 units).

Penarikan akibat permasalahan airbag ini telah dilakukan oleh Honda sejak 2008 dengan total recall hampir 2 juta unit. Akibat permasalahan ini tercatat 20 kecelakaan, dua kejadian di antaranya mengakibatkan kematian.

Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024