Skutik Yamaha Ini Paling Laris di Jawa Barat

Keramaian Sepeda Motor
Sumber :

VIVAnews - Skutik besutan Yamaha, Mio, berhasil mendominasi penjualan Yamaha di Jawa Barat. Tercatat selama Januari-Oktober 2011, produsen motor berlambang garpu tala ini sukses mengukuhkan penjualan sebanyak 310 ribu unit.

"Dari total 310 ribu itu, 60 persennya masih didominasi oleh tipe skutik, yakni Mio. Sedangkan 25 persen diisi oleh motor bebek dan 15 persen motor sport," kata Muliadi, chief Yamaha DDS 2 Jawa Barat, Selasa 29 November 2011.

Muliadi menjelaskan total penjualan sepeda motor di Jawa Barat, mulai dari Januari hingga Oktober 2011, mencapai 650 ribu. "Peluang pasar sepeda motor di Jawa Barat masih sangat besar. Sebab, rasio kepemilikan motor 1:10. Kita targetkan tahun depan penjualan Yamaha bisa naik sekitar 3 persen," kata dia.

Ia menambahkan jenis sepeda motor skutik masih diminati oleh pasar Jawa Barat. Pasalnya, motor ini cocok untuk kontur daerah perkotaan dan irit. Namun di sisi lain, kata dia, geliat segmen motor sport juga mempelihatkan adanya peningkatan yang signifikan.

"Tahun ini sebenarnya Yamaha V-Ixion dan Byson cukup banyak diminati. Namun masih sedikit mengalami masalah, terkait lamanya indent. Untuk V-Ixion bisa sampai 3 bulan, sedangkan Byson mencapai 6 bulan," ungkap Muliadi.

Seperti diketahui, PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI) selaku agen tunggal pemegang merek Yamaha, akan meluncurkan tiga model sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi bahan bakar pada awal tahun 2012. Salah satunya adalah jenis skutik dan bebek.

Mengenai harga yang akan dibanderol untuk sepeda motor Yamaha fuel injection. Diprediksi kenaikan hanya terjadi sekitar Rp500 sampai 1 juta. "Kita tidak ingin membebani konsumen, karena 2014 mau atau tidak. Semuanya akan bermigrasi ke teknologi fuel injection karena ada tuntutan penerapan emisi gas buang euro 3 di Indonesia," kata Service Manager YMKI, Syahrial.

Saat ini Yamaha baru memiliki satu motor yang sudah berteknologi injeksi, yakni V-Ixion. Motor tersebut menjadi andalan Yamaha untuk menguasai pasar motor sport di tanah air.  Hal itu dibuktikan dengan torehan penjualan sejak Januari hingga Oktober 2011 sebanyak 273.301 unit.

Ternyata SYL Pakai Uang Peras Pejabat Kementan untuk Renovasi Rumah dan Perawatan Keluarga
Pendeta, Eastwood Anaba

Pendeta Ini Ajak Jemaatnya Untuk Masuk ke Masjid dan Ungkap Hal Tak Terduga Ini

Tidak hanya itu saja, sang pendeta juga sempat membandingkan adab seorang muslim ketika memasuki masjid dengan orang kristen ketika mendatangi gereja.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024