Jiplak Piaggio, Motor China Diusir Italia

Motor buatan China YB 250 ZKT
Sumber :
  • Visordown

VIVAnews - Produsen otomotif asal China kerap kali mendapat cemohan dari berbagai pihak, karena sering menjiplak model-model produksi buatan Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

Bahkan kali ini, kepolisian Italia terpaksa mengeluarkan sebuah motor besutan produsen China di ajang EICMA 2011 di Milan, pekan lalu. Alasannya, desain motor ini dianggap menyontek dari produk milik Piagio.

Seperti dilaporkan Visordown, Selasa 15 November 2011, sanksi tegas itu dilakukan panitia setelah model skuter roda tiga buatan Yiben, YB 250 ZKT, terbukti menjiplak sesain skuter Piaggio MP3.

Yiben merupakan anak perusahaan dari Kaitong Industri, produsen kendaraan roda dua di China. Mereka telah memproduksi kurang lebih 85 jenis sepeda motor mulai dari kapasitas kecil seperti skuter.

Namun, tuduhan menjiplak dan pelanggaran hak cipta langsung dibantah oleh Yiben. "Sepeda motor kami telah mendapatkan reputasi yang baik dari klien, baik di rumah maupun di luar negeri. Kualitasnya sangat baik, desain inovatif, dan harganya juga terjangkau," kata Yiben dalam situs resminya.

Tahun lalu, produsen motor asal China juga meniru desain Suzuki Van Van 125. Motor jiplakan yang diberinama V-Raptor SkyTeam 125 itu, hanya dijual dengan harga sekitar dua-pertiga dari merek Suzuki. (umi)

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Ajak Perempuan Berani Sudahi Hubungan Toxic

Nikita Mirzani kembali menjadi perhatian publik dengan mengajak para perempuan agar berani mengakhiri hubungan yang merusak, baik secara mental maupun fisik usai putus.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024