Avanza-Xenia, Mobil yang Terjual 1 Juta Unit

Bodi belakang mobil yang diduga Avanza terbaru
Sumber :
  • Vivanews

VIVAnews - Sejak diluncurkan pada 2004, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak membutuhkan waktu lama menjadi primadona pasar otomotif tanah air. Mobil ini laris manis di pasaran, karena dinilai menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan mobil irit, handal, dan harga terjangkau.

Hal itu semakin tegas dengan pengukuhan penjualan Avanza-Xenia, yang telah menyentuh angka hampir 1 juta unit-sejak diluncurkan Januari 2004 hingga Oktober 2011. Dengan pencapaian ini, Avanza-Xenia memberikan konstribusi sebesar 22 persen dari total pasar mobil Indonesia (4.374.827 unit).

Memang dari segi penjualan, Avanza masih di atas Xenia. Tercatat sejak Januari 2004-Oktober 2011, Avanza menorehkan penjualan sebanyak 681.035 unit, sedangkan Xenia sebanyak 300.195 unit.

Kedua mobil itu diproduksi di pabrik perakitan PT Astra Daihatsu Motor di Sunter, Jakarta Utara, dengan area pemasaran di 27 negara. Si kembar Avanza-Xenia telah diproduksi lebih dari 1 juta unit.

Dasar itulah yang membuat Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor kembali menelurkan generasi terbaru dari mobil MPV ini, yaitu All New Avanza-Xenia.  Duet fenomenal "kakak-adik" Avanza-Xenia terbaru ini diharapkan kembali mendulang kesuksesan dan menjadi rebutan pasar.

Perubahan total terlihat jelas dari model terbaru Avanza maupun Xenia. Dari sisi eksterior maupun interior. Tampilnya sengaja dibuat lebih mewah, luas, dan elegan.

Daihatsu dengan Xenia terbarunya akan lebih menyasar pada kelas 1.000 cc. Meski untuk tipe 1.300 cc Avanza dan Xenia memiliki beberapa fitur yang sama, kelas Avanza dibuat lebih tinggi, termasuk fitur dan aksesorinya. Ini karena keduanya menyasar segmen yang berbeda.

Sejauh ini belum ada kepastian soal harga jual resminya. Meski begitu, kenaikan harga diperkirakan berada di kisaran angka Rp5-10 jutaan dibanding harga versi sebelumnya

All New Avanza-Xenia akan diperkenalkan dalam acara Toyota Daihatsu-Astra Sinergy, Dedicating The Best for Indonesia di Hotel Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin 7 November 2011.

Toyota atau Daihatsu juga sudah memastikan bahwa MPV paling laris di Indonesia ini sudah bisa dinikmati masyarakat pada pertengahan November ini. (sj)

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024