Otomotif, Untungnya Ikut Komunitas

Komunitas Mazda2
Sumber :
  • Mazda Indonesia

VIVAnews - Bila Anda pecinta mobil, berbagai komunitas telah menanti. Anda bisa memilih berdasarkan berbagai kriteria merek, usia mobil, jenis mobil, atau yang lain. Namun yang lazim di Indonesia, komunitas lebih banyak didasarkan pada merek.

Lalu, apa sesungguhnya keuntungan masuk komunitas?

Denny Eka Permana, ketua komunitas pengguna Mazda2 yang tergabung dalam Mazda2 Users Community (M2Unity) mengatakan, anggota-anggotanya akan saling membantu seluruh pengguna Mazda2, baik hatchback maupun sedan, untuk berbagi informasi mengenai perawatan kendaraan, modifikasi serta hal-hal lain yang berhubungan dengan Mazda2.

Dengan jumlah anggota yang kian meningkat, komunitas yang acapkali menggelar kopdar alias kopi darat di Warung Tekko – SCBD ini, terus berupaya untuk mensosialisasikan keberadaan mereka. "Kami juga sering mengadakan touring untuk mempererat persaudaraan antar sesama pengguna Mazda2," katanya.

Selain itu, dia mengatakan, komunitas juga memupuk kreativitas anggotanya melalui modifikasi, khususnya kawula muda yang suka modifikasi.

Di komunitas M2Unity ini, sebenarnya para anggota diberi kebebaskan menentukan apakah ingin memodifikasi mobilnya atau tidak. Namun, keadaan di lapangan menunjukkan bahwa para anggota yang awalnya tidak melakukan modifikasi, setelah beberapa kali mengikuti kopi darat  menjadi tergerak mengubah tampilan.

"Karenanya, tak heran jika di ulang tahun komunitas yang pertama, para anggota M2Unity berinisiatif memamerkan hasil modifikasi," kata Eka yang pada Sabtu lalu komunitasnya merayakan ulang tahun pertama, Selasa 17 Oktober 2011.

Marketing Manager PT. Mazda Motor Indonesia Astrid Ariani Wijana mengaku turut mendukung perkembangan komunitas mobil di Indonesia, khususnya di bawah merek Mazda. "Dengan bertambahnya jumlah anggota komunitas, ini menandakan produk kami diterima masyarakat," katanya.

Sebab itu, pada ulang tahun komunitas Mazda2, Mazda turut mendukung dengan menggelar sejumlah pameran di FX Lifestyle, Jakarta. Selain mobil modifikasi, pameran ini juga memperlihatkan beberapa produk andalan Mazda, seperti Mazda2, CX-9 dan MX-5. (umi)

KPU Ungkap Kubu Anies dan Ganjar Tak Pernah Ajukan Pembatalan Pencalonan Gibran
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU: Andai Anies-Cak Imin Menang, Apa Tetap Persoalkan Pencalonan Gibran?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyindir kubu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mempersoalkan pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024