Dua Mobil Paling Irit di 2011

Smart Fortwo Electric Drive
Sumber :
  • Smart Fortwo Electric Drive

VIVAnews - Mobil mungil besutan Mercedez-Benz yakni Smart fortwo CDI, berhasil meraih predikat sebagai mobil paling irit dalam lomba ALD Automotive Shell FuelSave MPG Marathon 2011.

Seperti dilansir Caradvice, 13 Oktober 2011, pada uji itu Smart fortwo terbukti hanya mengkonsumsi bahan bakar (BBM) 2,85 liter untuk jarak 100 kilometer. Sedangkan diperingkat kedua ditempati oleh Toyota Yaris. Dengan mesin 1.000 cc VVT, Yaris hanya mengkonsumsi 3,9 liter untuk jarak yang sama.

"Hasil itu sekaligus menjadi rekor mobil teririt yang pernah terjadi dalam sejarah penyelenggaraan lomba sejak pertama kali digelar 11 tahun lalu," ungkap ketua panitia penyelenggara.

Dalam lomba tersebut, mobil Smart dikemudikan oleh Mick Linford dan Ella Flynn, yang menempuh jarak hampir 600 kilometer. Mereka mengemudikan mobil di jalanan yang sulit di Wiltshire, Hampshire, Dorset dan Somerset, Inggris.

"Padahal saya bertekad untuk menembus angka yang fantastis, yakni 100 mil per galon (41 kilometer per liter) tahun ini, tetapi cuaca dan jalanan berbukit menjadi hambatan," kata Linford.

Adapun Toyota Yaris bermesin 1.000 cc tiga silinder VVT yang dikemudikan oleh James Sutherland dan Richard Hill itu menempuh jarak yang hampir sama dengan Smart fortwo. Yaris menjadi mobil teririt di kategori mobil bermesin bensin dengan tingkat emisi CO2 kurang dari 120 gram per kilometer.

Sebelumnya, Yaris telah menyabet penghargaan Internasional Engine of the Year karena keiritannya dalam mengkonsumsi BBM.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan
PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024