Nissan Rilis Sedan Murah Teririt di ASEAN

Nissan Almera
Sumber :
  • Autoevolution

VIVAnews - Nissan Motor Company (Nissan) kembali membuat gebrakan di pasar mobil Asia Tenggara, khususnya Thailand. Produsen mobil asal Jepang itu meluncurkan sedan murah bermesin kecil, yaitu Nissan Almera.

Seperti dilansir Autoevolution, Senin 10 Oktober 2011, Nissan Almera diluncurkan di Thailand, Jumat 7 Oktober 2011. Mobil ini menjadi sedan pertama Nissan yang dipasarkan di bawah program eco-car pemerintah Thailand.

"Generasi baru Almera ini merupakan sedan pertama yang ramah lingkungan dan diluncurkan sejalan dengan program mobil ramah lingkungan pemerintah Thailand," kata Toshiyuki Shiga, Chief Operating Officer Nissan.

Almera dibekali mesin 3-silinder 1200 cc dengan tenaga 79 hp dan torsi 106 Nm. Nissan menawarkan pilihan transmisi manual 5-speed atau XTRONIC CVT.

Menariknya, mesin itu diklaim irit bahan bakar, yaitu hanya 1:20 kilometer. Bahkan, emisi gas CO2 yang dihasilkan tidak lebih dari 120 gram per kilometer. Kapasitas interiornya pun diklaim lebih luas dari rata-rata sedan di kelasnya.

Almera berdiri di atas platform V. Platform ini didesain untuk menciptakan mobil irit melalui pemangkasan bobot mobil dan peningkatan rigiditas body mobil.

Tahun lalu, Nissan menjadi produsen mobil pertama yang meluncurkan mobil di bawah payung program eco-car Thailand. Saat itu, Nissan meluncurkan March.

Mobil yang diproduksi di Samutprakarn, Thailand, itu dibanderol 429-599 ribu bath atau sekitar Rp127-178 juta. Rencananya, mobil itu akan dipasarkan ke berbagai negara khususnya kawasan ASEAN. (art)

Arah Politik Pilkada 2024, Partai Demokrat Beberkan 7 Kriteria Cagub Jakarta
Ganjar Pranowo Hadiri Acara Halal bi Halal TPN di Posko Pemenangan

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

Ganjar Pranowo mengungkapkan alasannya untuk berada di luar pemerintahan atau menjadi pihak oposisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024