Body Mobil Masa Depan Ini Dicetak Printer 3D

Urbee
Sumber :
  • Caradvice.com

VIVAnews - Dua perusahaan asal Amerika, Stratasys dan Kor Ecologic engineering group membuat gebrakan dengan membuat mobil hybird bergaya futuristik yang diberinama Urbee.

Seperti dilansir caradvice, Senin 26 September 2011, hebatnya, seluruh bagian bodi mobil ini dicetak dengan proses manufaktur aditif dengan menggunakan cetakan atau printer 3D. Caranya, lapisan material atau bahan pembuatan bagian-bagian bodi tersebut ditumpuk di atas satu sama lain hingga menjadi sebuah produk yang diinginkan.

"Proses ini bisa merevolusi bagaimana kita membuat hal-hal baru. Tentu juga mengubah cara saya berpikir tentang manufaktur," kata Jim Kor, pendiri sekaligus pemimpin proyek Urbee.

Teknologi ini memang telah lebih dulu digunakan oleh Boeing, yang merupakan perusahaan pembuat pesawat terbang. Namun, apa yang dilakukan oleh Stratasys dan Kor Ecologic berbeda, karena seluruh bagian mobil Urbee dicetak dengan teknologi Dimension 3D Printers dan Fortus 3D Production Systems yang diciptakan Stratsys.

Mobil yang memiliki tiga roda dengan dua kursi itu mengusung mesin konvensional berbahan bakar bensin dan sebuah motor listrik. Urbee mampu melesat hingga 70 mil per jam atau sekitar 112 kilometer per jam.

Mobil ini juga diklaim sangat irit bahan bakar. Untuk jarak 100 kilometer, Urbee hanya butuh 1,8 liter bahan bakar. Itu dikarenakan bobot mobil yang sangat ringan. Maklum, bodinya terbuat dari bahan komposit yang sangat ringan.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah proses pengisian baterai motor listriknya yang cukup mudah karena bisa menggunakan colokan listrik rumah. Selain itu, pengisian baterai itu bisa menggunakan panel sel surya, atau turbin angin.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP
Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024