Sepekan, 800 Ribu Mobil di AS Kena Recall

Hyundai Santa Fe 2007
Sumber :
  • Thecarconnection

VIVAnews - Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat memang sedang gencar-gencarnya mengawasi industri otomotif yang ada di Amerika.

Bahkan, pekan lalu mereka mencatat kurang lebih ada sekitar 800.000 mobil dan truk ditarik kembali karena mengalami masalah yang dapat sangat membahayakan.

Banyak hal yang membuat NHTSA memberikan perintah kepada para pabrikan mobil untuk segera menarik kembali mobil yang telah diproduksi sebelumnya, mulai dari kerusakan sistem airbag, sampai terlalu panjangnya pipa knalpot sebuah mobil sehingga dapat mencederai seseorang.

Seperti yang dilansir Reuters, Selasa 20 september 2011. NHTSA juga sedang melakukan investigasi terhadap 205.661 mini van buatan Ford Motor, dengan tahun pembuatan 2004-2005.

Pihaknya mencurigai dongkrak yang diberikan oleh Ford di mini van itu dapat membahayakan bagi pengendara mobil ketika sedang digunakan.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Pada Website NHTSA, ada sebuah laporan yang mengatakan bahwa dongkrak itu, telah menewaskan seseorang ketika sedang digunakan.
Karena tidak berkerja dengan benar, mobil yang sedang di dongkrak roboh dan menimpa dirinya ketika sedang bekerja dibawah mobil.

Ternyata tidak hanya Ford yang menjadi sorotan NHTSA, 431.000 unit Crossovers Honda tipe CRV dan 200.000 SUV merk Jeep tipe liberty juga sedang di investigasi.

Minggu lalu, Subaru juga mengumumkan penarikan sebanyak tiga tahap, Di tahap pertama, 295.000 unit mobil yang diproduksi pada tahun 2002-2007 harus ditarik, karena adanya kerusakan pada komponen yang berada di dekat lengan pengendara mobil. Kompenen itu dapat rusak apabila terkena keringat dan udara lembab.

Pada tahap kedua, pabrikan ini mengumumkan penarikan terhadap 195.000 unit SUV tipe Outback dan Legacy, karena adanya masalah pada motor penggerak wiper yang bisa menimbulkan panas dan terbakarnya motor tersebut.

Setelah masalah pada motor penggerak wiper, ternyata Subaru kembali melakukan recall, pada tipe mobil yang sama, Outback dan Legacy. Pengumuman penarikan Subaru yang terakhir ini disebabkan kesalahan instalasi pada kaca sunroof.

Tidak hanya Subaru, Hyundai juga melakukan penarikan kembali SUV tipe Veracruz dan Santa Fe, tahun pembuatan tahun 2007-2008. Kedua mobil ini mengalami masalah pada airbag yang tidak mengembang saat terjadi kecelakaan.

Pabrikan lain yang menemani Subaru dan Hyundai dalam melakukan recall, yakni KIA. Sedikitnya 10.000 mobil KIA Sorento buatan tahun 2007-2008, mengalami kerusakan pada sistem komputer yang ada di dalam mobil. Kerusakan itu menyebabkan tidak aktifnya airbag ketika ada penumpang dewasa yang duduk di kursi penumpang bagian depan.

Sedangkan Volkswagen AG, melakukan pengumuman penarikan kembali terhadap 30.000 sedan Jetta dengan tahun pembuatan 2011-2012. Penarikan disebabkan terlalu panjangnya pipa knalpot yang dimiliki mobil tersebut sehingga dapat mencederai kaki seseorang.

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024