Honda Yakin Rebut 60 Persen Pasar Motor RI

Logo Honda Motor
Sumber :
  • markpettersen.com

VIVAnews - Indonesia merupakan pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia setelah India dan China. Geliat peningkatan itu terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Melihat peluang ini, Honda Motor Jepang pun menargetkan untuk mendapatkan 60% pasar sepeda motor di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Jelas target tersebut, membuat Honda berambisi menguasai sepenuhnya pasar motor.

Seperti dilansir Bikeadvice, Senin 19 September 2011, untuk mewujudkan misi ini, Honda berencana untuk menambah jumlah kapasitas produksinya menjadi 4,3 juta unit per tahun, dari yang sebelumnya 3,5 juta unit per tahun.

Pada tahun 2010, Astra Honda Motor selaku agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia, berhasil menjual lebih dari 3,42 juta unit dari 7,6 juta unit total keseluruhan penjualan seluruh merek motor di Indonesia.

Torehan penjualan tersebut, membuat Honda sukses menguasai 42,77% pasar motor di Indonesia. Ke depan, mereka berharap ekspansinya dapat terserap pasar sebanyak 53%. Di mana, diperkirkan jumlah pangsa pasar sepeda motor di Indonesia akan mencapai 8,1 juta unit pada akhir tahun 2011 ini.

"Kami prediksi permintaan akan sepeda motor akan terus bertambah secara pesat, hingga mencapai 10 juta unit pada satu dekade. Pada saat itu juga kami akan mendapatkan 60% pangsa pasar sepeda motor yang ada di Indonesia," kata Yusuke Hori, Presdir dari PT Astra Honda Motor.

Ia menambahkan untuk merespon tingginya permintaan, pihaknya harus memperluas fasilitas produksi yang dimiliki dalam dua tahun terakhir ini. Dengan demikian Honda Motor dapat menambah kapasitas produksi hingga 5 juta unit.

Yusuke Hori kembali ditunjuk Honda Motor Corporation untuk menjabat sebagai Presdir Astra Honda pada April tahun 2010. Menjabatnya kembali Yusuke Hori sebagai kepala operasi Astra Honda, karena kepemimpinan Yamaha sampai awal tahun 2010 berhasil memperbesar pangsa pasar motor matik dari 4% di tahun 2005 menjadi 45% di tahun 2010.

Saat ini, Astra Honda masih unggul 1,2% dari Yamaha dalam pangsa pasar sepeda motor di Indonesia secara keseluruhan, di mana Astra Honda sukses untuk mendapatkan 41,50% dari pangsa pasar sepeda motor yang ada di Indonesia.

Alasan lain, Astra Honda memperluas fasilitas produksi yang dimilikinya selama ini, karena tertinggalnya Honda dengan Yamaha dalam beberapa beberapa bulan terakhir. (eh)

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024