Bulan Agustus, Nissan Hajar Honda

Logo Nissan
Sumber :
  • Associated Press/Morry Gash

VIVAnews - Secara mengejutkan penjualan mobil-mobil keluaran Nissan pada bulan Agustus 2011 lalu, kembali berhasil mengalahkan salah satu produsen mobil terbesar di pasar otomotif Indonesia, yakni Honda.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Agustus lalu, Nissan berhasil mengukuhkan penjualan sebanyak 5.304 unit. Sedangkan Honda hanya mempu menjual 4.600 unit.

Ini bukan kali pertama Nissan berhasil mengalahkan Honda, pada bulan Juni 2011, Nissan unggul dengan torehan penjualan sebanyak 3.429 unit, adapun Honda cuma bisa menjual 2.165 unit.

Bulan berikutnya, Honda yang sudah lebih dulu ada di pasar otomotif Indonesia, kembali dikalahkan oleh Nissan. Tapi, kekalahan Honda kali ini tidak terlalu telak. Nissan hanya unggul tipis sebanyak 5.760 unit, sedangkan Honda 5.234 unit.

Salah satu produk andalan Nissan yang membuatnya unggul dengan Honda, yaitu varian Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) miliknya, Nissan Grand Livina.

Bahkan, Grand Livina masuk dalam 10 daftar mobil terlaris pada bulan Agustus lalu, dengan mengukuhkan penjualan sebanyak 2.510 unit.

Tidak hanya itu, Nissan March juga menduduki singgasana utama segmen city car di bulan yang sama. Mobil mungil ini berhasil mencatat penjualan sebanyak 837. Dengan raihan ini, jelas March mampu meninggalkan jauh pesaingan lainnya.

Kontribusi keberhasilan Nissan juga datang dari produk terbarunya, Juke. Sejak pertama kali diluncurkan bulan Mei lalu, mobil ini sudah mampu terserap pasar sebanyak 3.201 unit.

Sementara Honda dengan hatchback andalan, Jazz. mobil ini hanya mampu menempati posisi ke lima dalam daftar 10 mobil terlaris. Jazz hanya mampu terlego sebanyak 2.077 unit

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, mengatakan penurunan penjualan mobil Honda selama bulan Agustus lalu, disebabkan banyaknya pengurangan jumlah jam kerja karyawan HPM selama libur Lebaran.

Situasi penurunan penjualan, kata dia, merupakan hal yang wajar dalam siklus tahunan. Bahkan, di bulan Juni 2011 penjualan lebih menurun drastis, akibat  terkena dampak bencana tsunami di Jepang. "Kami yakin bulan ini akan mencapai 5.000 unit lagi," ujarnya saat berbincang dengan VIVAnews, beberapa waktu lalu.
 
Ditambahkan dia, adanya penarikan kembali (recall) 42.892 unit Honda Jazz dan City di Indonesia, akibat adanya masalah di bagian Power Window Master Switch, dinilai tidak akan mempengaruhi target penjualan Honda ke depannya. (eh)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia
YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

YouTube meluncurkan sebuah serial dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini” yang menyoroti lima kreator YouTube dari latar belakang yang berbeda-beda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024