Penjualan Mobil Honda di Indonesia Menurun

Launching New Honda Jazz
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Penjualan mobil Honda selama bulan Agustus lalu mengalami penurunan sekitar 1.000 unit. Hal itu disebabkan banyaknya pengurangan jumlah jam kerja karyawan HPM selama libur Lebaran.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

"Memang banyak karyawan kami yang libur hampir 2 minggu, sehingga terjadi penurunan. Diperkirakan pada bulan Agustus kemarin turun menjadi 4.000 unit," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy saat berbincang dengan VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 6 September 2011.

Dijelaskan Jonfis, pada bulan ini pihaknya merasa yakin penjualan produknya akan kembali meningkat dan memimpin pasar otomotif Indonesia. "Kami yakin bulan ini akan mencapai 5.000 unit lagi," imbuhnya.

Situasi penurunan penjualan, kata dia, merupakan hal yang wajar dalam siklus tahunan. Bahkan, di bulan Juni 2011 penjualan lebih menurun drastis, akibat  terkena dampak bencana tsunami di Jepang.
 
Menurut Jonfis, adanya penarikan kembali (recall) 42.892 unit Honda Jazz dan City di Indonesia, akibat adanya masalah di bagian Power Window Master Switch, dinilai tidak akan mempengaruhi target penjualan Honda ke depannya.

"Memang akan sedikit berdampak, tapi tidak singnifikan menurunkan angka penjualan. Sebab, konsumen kami akan semakin nyaman serta percaya dengan pelayanan yang telah diberikan," jelas dia.

Seperti biasanya, tambah Jonfis, jika Honda merasakan ada ketidaksempurnaan pada produknya, maka akan segera dilakukan pemanggilan agar komponen yang bersangkutan diperbaiki atau diganti, meskipun waktu garansinya sudah habis.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan HPM bulan Januari 2011 adalah 4.928 unit, Februari 4.558 unit, Maret 4.193 unit, April 2.056 unit, Mei 3.673 unit, Juni 2.165 unit, dan 5.234 unit di bulan Juli. (eh)

Persebaya Surabaya Vs Persib

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Duel Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 32 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 20 April 2024, pukul 15.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024