FBI: Penipuan Mobil Via Internet Meningkat

Lambang FBI
Sumber :
  • bergoiata.org

VIVAnews - Ketika Anda berencana membeli mobil secara online di internet, ada banyak risiko yang harus dipertimbangkan. Bacalah pengumuman dari Pusat Kejahatan Internet FBI berikut ini. Pengumuman itu diterbitkan guna menyadarkan konsumen akan penimpuan di internet.

Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Para penipu ini bahkan mengunakan situs otomotif terkenal dan punya reputasi terhormat untuk beraksi.

Seperti dilansir Autoevolution, Rabu 23 Agustus 2011, FBI membeberkan bagaimana modus penipuan paling populer itu dilakukan. Pertama, penipu akan membuat daftar palsu situs-situs penjualan mobil. Kemudian menawarkan program perlindungan kendaraan melalui situs seperti eBay.

Penawaran itu terlihat begitu meyakinkan, karena mereka menggunakan logo resmi untuk mendapatkan kepercayaan pembeli dan tekun serta sabar meladeni pembeli. Setelah mampu membujuk rayu, penipu meminta pembeli untuk mentransfer uang sebagai uang muka atau jumlah total di muka.

FBI melansir bahwa keluhan konsumen soal penipuan dengan modus seperti itu naik 25% pada tahun 2010 dan setiap 90 menit selalu ada keluhan baru.

Bagaimana menghindari perangkap para penpu ini? Ada baiknya Anda mengikuti sejumlah langkah berikut ini. Calon pembeli sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu sejarah mobil yang akan dibeli. Selain itu, disarankan untuk mencari tahu lebih lanjut tentang identitas penjual, termasuk penilaian serta komentar dari pembeli terdahulu.

Berusahalah untuk berbicara di telepon atau berkomunikasi melalui situs Web yang aman. Jika terjadi kesepakatan, mekanisme penyerahan uang akan lebih aman dengan tidak melakukan transfer. Terakhir jangan mudah percaya dan tergiur dengan tayangan gambar mobil yang ditampilkan, bisa jadi Anda menjadi target penipuan.

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas
Putin Bersama Wamenhan (Doc: Politico)

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Wamenhan Rusia Timur Ivanov ditangkap dan ditahan atas dugaan kasus korupsi dengan menerima suap skala besar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024