OTOMOTIF

Sosok 'Bemo' Masa Depan

KTM E3W dibuat stylish, pintunya dibuka ke atas seperti mobil-mobil sport.
Kamis, 11 Agustus 2011
Oleh : Hadi Suprapto, Sandy Adam Mahaputra
KTM E3W, bemo masa depan bikinan Australia

VIVAnews - KTM Sportmotorcycle AG, Produsen motor Austria yang selama ini lebih dikenal sebagai produsen motor offroad tampaknya terus mengembangkan sayap kekuasaannya di dunia otomotif. Salah satunya dengan menciptakan kendaraan roda tiga, laiknya bemo. Bedanya, motor yang diberi nama KTM E3W ini menggunakan listrik, sehingga ramah lingkungan.

Seperti dilaporkan laman Autoevolution, Kamis 11 Agustus 2011, kendaraan listrik ini merupakan kolaborasi KTM dengan Institut Teknologi Australia dan studio desain Kisha. Sementara itu, dana proyek pembuatannya dibantu pemerintah Austria.

KTM E3W merupakan penantang kuat mobil Renault Twizy yang dapat menampung dua penumpang. Apalagi, kedua kendaraan ini memiliki tenaga yang sama, yakni 20 daya kuda (HP) dengan bobot kendaraan yang hampir mirip, 500 kilogram dan 450 kilogram untuk Twizy.

Mengenai desain interior, KTM E3W dibuat stylish, pintunya dibuka ke atas seperti mobil-mobil sport. Ditambah lagi dengan bodi super ringan yang terbuat dari plastik.

Masalah mesin, kendaraan ini didukung motor listrik dengan menggunakan baterai lithium-ion yang dapat menempuh 100 kilometer jika baterainya terisi penuh.

Kabarnya, KTM berniat memproduksi 50.000 unit selama dua tahun ke depan. Untuk memproduksi E3W pada tahun berikutnya, KTM akan menggandeng kemitraan dengan perusahaan lain. Harga kendaraan ini dibanderol  US47.000 (Rp60 juta) hingga US$11.500 (Rp68 juta). (art)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found