Hyundai Bakal Salip Toyota & Honda Bulan Ini

Gudang mobil Toyota
Sumber :
  • csmonitor.com

VIVAnews - Penjualan mobil pabrikan Korea Selatan, Hyundai-Kia Automotive Group, diperkirakan akan melambung tinggi dan menyalip Toyota dan Honda di Amerika Serikat pada Mei ini.

Menurut analis industri TrueCar, seperti dikutip Automotive News, Senin 26 Mei 2011, penjualan Hyundai-Kia diperkirakan mencapai 115.434 unit pada Mei. Penjualan ini naik 43,4 persen dibandingkan Mei tahun lalu. Penjualan sebesar ini telah menempatkan kelompok Korea ini pada pangsa pasar 10,9 persen dan menduduki posisi nomer tiga, setelah Ford Motor Co dan General Motors.

Analis TrueCar, Jesse Toprak, menjelaskan bahwa momentum tingginya penjualan Hyundai-Kia tak lain karena produksi mobil-mobil asal Jepang, khususnya Toyota dan Honda, mengalami penurunan yang sangat tajam. Ini terjadi setelah gempa dan tsunami Jepang, 11 Maret, yang meluluhlantakkan pabrik-pabrik suku cadang, sehingga membuat rantai produksi terputus.

"Ada beberapa kekurangan suplai dari kendaraan Jepang, dan kenyataan ini harus diterima mereka," kata Toprak.

TrueCar memprediksi penjualan Hond, termasuk Acura pada Mei ini turun 20,7 persen dari Mei 2010, menjadi 92.889 unit. Sedangkan penjualan Toyota, termasuk Lexus, terjun 32,8 persen menjadi 109.416 unit.

Tingkat penjualan Januari-Mei ini diperkirakan mencapai 11,9 juta unit, naik dari 11,6 juta pada periode 2010. Toprak mengatakan, persediaan mobil Jepang masih sedikit, terutama untuk model hemat bahan bakar yang hanya dibangun di Jepang.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024