OTOMOTIF

Sudah 6 Mobil Nyemplung di Bundaran HI

Penyebabnya karena kesalahan pengemudi, dari mabuk, mengantuk, hingga ngebut.
Rabu, 25 Mei 2011
Oleh : Bayu Galih, Sandy Adam Mahaputra
Bundaran HI

VIVAnews - Sebuah mobil kembali nyemplung ke kolam Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu pagi, 25 Mei 2011. Peristiwa mobil nyemplung ke Bundaran HI ini sudah sering terjadi.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat, dalam setahun setidaknya ada enam kendaraan roda empat yang terjun ke dalam kolam Bundaran HI.

"Setahun ini sudah ada lima sampai enam. Rata-rata dari arah Kota menuju Semanggi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Pol Royke Lumowa di Polda Metro Jaya, 25 Mei 2011.

Menurut Royke, secara struktur, tidak ada yang bermasalah di jalan sekitar Bundaran HI. Polisi justru mendapatkan penyebab mobil nyemplung ke kolam karena kesalahan pengemudi.

"Pengemudi didapatkan dalam keadaan mengantuk, mabuk, dan menyetir dalam kecepatan tinggi," jelas Royke.

Karena itu Royke tidak menyarankan betonisasi atau peninggian dinding di sekitar Bundaran HI. "Kalau itu dilakukan akan mengurangi estetika Bundaran HI. Bahkan lebih berbahaya kalau dibeton," jelasnya.

Walau belum menimbulkan korban jiwa, polisi memikirkan sejumlah solusi agar tidak ada lagi mobil yang terjun masuk ke kolam. Salah satunya adalah menambah jumlah rambu di sekitar Bundaran HI, terutama rambu yang bisa menyala di malam hari. Rambu itu akan dipasang sebelum Bundaran HI dari arah Kota ke Semanggi, dan sebaliknya.

"Jenis model spotlight yang bisa menyala di malam hari. Rambu panah ke arah kiri, di pinggir jalan," jelas Royke. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found