Mobil-mobil Terkecil di Dunia

Kebutuhan mobilitas di kota membuat mereka merancang ulang mobil yang kecil dan simpel.

Senin, 18 Oktober 2010, 12:29 Hadi Suprapto
Smart Fortwo, mobil kompak dua penumpang.
Smart Fortwo, mobil kompak dua penumpang. (worldinterestingfacts.com)

VIVAnews - Padatnya lalu lintas perkotaan membuat sejumlah produsen otomotif dunia menciptakan mobil kecil. Kebutuhan mobilitas tinggi membuat mereka merancang ulang mobil yang simpel.

Tidak hanya mudah melewati jalan-jalan sempit atau parkir, mobil ini juga kebanyakan lebih murah dari mobil biasa. Bahkan, karena mesinnya kecil, mobil-mobil kecil cenderung lebih ramah lingkungan.

Berikut daftar mobil terkecil di dunia, seperti dikutip dari worldinterestingfacts.com, Senin 18 Oktober 2010.

ElBil Norge Buddy Cab1. ElBil Norge Buddy Cab

ElBil merupakan mobil listrik Norwegia. Ini merupakan model generasi keenam yang disebut Kewet. ElBil dikembangkan pertama kalinya pada 1991. Selama lima generasi pertama, lebih dari 1000 kendaraan listrik yang diproduksi, dijual di 18 negara.

 

Lumeneo Smera2. Lumeneo Smera

Seorang warga Prancis membangun mobil listrik Lumeneo Smera hingga akhirnya diluncurkan pada Mei ini. Mereka membandrol hampir Rp300 juta setiap unitnya. Saat ini hanya tersedia di Prancis, tetapi diperkirakan akan dijual di seluruh Eropa pada tahun depan.

 

Tango3. Tango

Tango memiliki dua motor listrik yang memungkinkan jalan dengan kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu kurang dari empat detik. Mereka menjual dengan harga yang sangat tinggi, hampir Rp1 miliar.

 

Reva G-Wiz4. Reva G-Wiz

G-Wiz merupakan mobil kota yang dibuat oleh Reva Electric Car Company di Bangalore, India. Mobil ini tersedia di Inggris.

 

 

Smart Fortwo5. Smart Fortwo

Smart Fortwo mengawali debutnya pada 1998. Sepuluh tahun kemudian, versi konsep listrik utuh, Ed Fortwo, diumumkan. Fortwo tidak hanya dijual di Eropa, tetapi juga tersedia di AS.

 

 

Kandi Coco6. Kandi Coco

Kandi Coco tersedia bagi penduduk Oklahoma, AS, dengan harga kurang dari Rp8 juta. Ini berkat keringanan pajak dari pemerintah setempat. Mobil listrik dua penumpang ini diluncurkan pada 2009.

 

Daihatsu Copen7. Daihatsu Copen

Daihatsu Copen adalah mobil dua tempat duduk yang hanya tersedia di Jepang dan Eropa. Pabrikan asal Jepang ini sudah memproduksi Copen sejak 2001.

 

 

Think City8. Think City

Pabrikan mobil Norwegia berencana membuat mobil yang seluruhnya menggunakan listrik, seperti proyek Amerika Serikat. Namun, setelah dirilis pertama kali pada 2009, pabrikan ini menghentikan produksinya karena alasan kesulitan modal.

 

Bollore BlueCar 9. Bollore BlueCar

Mobil ini hanya tersedia di Prancis. BlueCar adalah kendaraan listrik yang menawarkan kecepatan maksimal 135 kilometer per jam dan bisa berjalan sejauh 250 kilometer. Untuk mengisi baterai, BlueCar membutuhkan waktu hingga enam jam.

 

Ford KA10. Ford KA

Ford memperkenalkan KA  pertama kalinya pada 1996, dan mereka menganggap itu sebagai hari Volkswagen Beetle modern. Penjualan mobil ini sangat kuat di Inggris, bukan di Amerika Serikat, negara mobil ini berasal. Bagi sebagian rakyat Inggris, menggunakan mobil murah ini lebih baik daripada mereka harus mengganti onderdil mobil tua. (hs)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
michoey
02/01/2011
mdh2an suatu saat di IND ada yahhhhh....
Balas   • Laporkan
nikenly
02/01/2011
kalo d Ina ada mobil coco yg bisa d beli dng harga 8 juta, aq bakal beli satu...
Balas   • Laporkan
simon
20/11/2010
di indonesia mobil-2 kecil ga laku,karena ga bisa muat banyak orang,di indonesia yang laku tu yang murah,yang banyak penumpangnya dan irit bbm.itu baru mobil indonesia.ya kan........?
Balas   • Laporkan
bodinx
02/11/2010
blon ad gan..... tp enak tuck klo pnya yg kya gtuan.. klo jlnan mct bza masuk gang kecil. hehehe
Balas   • Laporkan
Jayson
18/10/2010
di Indonesia lom ada ya???
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com