Suku Bunga Satu Digit, Saatnya Kredit Mobil?

Mobil bekas
Sumber :
  • wwww.davearbogast.com

VIVAnews - Sejumlah perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor beradu sengit menawarkan suku bunga sangat rendah. Suku bunga kendaraan kini hanya single digit alias di bawah 10 persen per tahunnya. 

Bahkan salah satu bank berani mematok bunga di bawah lima persen per tahun. Bukankah ini waktu yang menarik untuk membeli mobil? Apalagi sejumlah lembaga pembiayaan berani mematok suku bunga flat selama cicilan berlangsung.

Viral, Pendeta Ini Ajak Jemaat War Takjil: Soal Agama Kita Toleran, Kalau Soal Takjil Kita duluan

Perencana keuangan dari Safir Senduk dan Rekan, Ahmad Gozali mengatakan, momen pasca Lebaran juga menjadi momen terbaik bagi konsumen yang ingin membeli mobil. Sebab, stok yang berlebih membuat perusahaan mengobral diskon.

"Ini karena kebanyakan orang mengambil mobil sebelum Lebaran," katanya kepada VIVAnews, Selasa 12 Oktober 2010. "Jadi saat ini waktu yang tepat, banyak diskon dan suku bunga sedang rendah."

Respons Kemlu Terkait Anggota PBB yang Singgung Netralitas Jokowi di Pemilu

Berikut perbandingan suku bunga tiga lembaga pembiayaan besar yang dikutip dari situs masing-masing perusahaan.

1. KKB BCA
Seperti dirilis dalam KlikBCA.com, suku bunga Kredit Kendaraan Bermotor Bank Central Asia saat ini dipatok flat 4,65 persen untuk tenor 12 bulan. Sedangkan tenor 24 bulan sebesar 4,95 persen,  36 bulan (5,10 persen), dan 48 bulan (5,75 persen). Suku bunga ini berlaku sejak 20 Mei 2010.

KKB BCA menyediakan berbagai merek kendaraan, baik kendaraan baru maupun seken, dengan uang muka minimal 20 persen dari harga mobil.

2. Mandiri Tunas Finance

Anak perusahaan Bank Mandiri ini memasang tarif suku bunga pinjaman 6 persen untuk 12, 24, dan 36 bulan. Sedangkan untuk 48 bulan, MTF memungut 6,5 persen.

MTF juga menyediakan pilihan lain, yaitu pembayaran asuransi melalui angsuran, sehingga uang muka menjadi lebih terjangkau. Namun, untuk pilihan ini suku bunganya lebih tinggi, yaitu 7,25 persen untuk 12, 24, dan 36 bulan. Serta 8,5 persen untuk 48 bulan.

MTF melayani berbagai macam kredit kendaraan Toyota, Daihatsu, BMW, Peugeot, dan sepeda motor Honda. Selain itu juga melayani kredit mobil bekas, pembiayaan konsumen seperti untuk perbaikan mobil, dan sarana penyewaan mobil.

3. OTO Multiartha

Perusahaan pembiayaan kendaraan asal Jepang ini menawarkan bunga 5,45 persen untuk tenor 12 bulan, 6,18 persen tenor 24 bulan, dan 6,67 persen tenor 36 bulan.

Sedangkan untuk mobil bekas, OTO mematok 6,5 persen untuk 12 bulan, 7,0 persen  untuk 24 bulan, dan 7,5 persen untuk 36 bulan untuk wilayah  Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Suku bunga ini dipakai pada perhitungan kredit mobil bekas tahun 2002 atau lebih baru.

Biaya asuransi mobil bekas maupun baru di OTO sebesar 3,6 persen (12 bulan), 6,84 persen (24 bulan), dan 9,72 persen (36 bulan). OTO menyediakan berbagai merek kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. (hs)

Projo: Rekonsiliasi Penting untuk Menjadi Negara Maju Perlu Persatuan Nasional
Gerindra Resmi Usung Jenal Mutaqin jadi Bakal calon Walikota Bogor di Pilkada 2024.

Gerindra Resmi Usung Jenal Mutaqin Maju Jadi Wali Kota Bogor

Gerindra Resmi Usung Jaenal Mutaqin Maju Jadi Wali Kota Bogor.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024