Usia Suami Lebih Tua, Perkawinan Lebih Awet?

VIVAnews - Kebahagiaan keluarga adalah cita-cita semua pasangan suami istri yang terikat pernikahan. Ada pendapat umum bahwa  perbedaan usia antara suami dan istri mempengaruhi kelanggengan pernikahan.

Penelitian di Swiss dan Amerika Serikat menemukan pasangan pria yang memiliki usia lebih tua serta istri yang lebih pandai membuat ikatan keluarga semakin kuat.

Riset dilakukan terhadap 1.074 pasangan menikah di Swiss selama lima tahun dengan ragam latar belakang termasuk usia, pendidikan dan asal. Riset membuktikan  pada pasangan suami-istri lebih tahan perceraian, usia suami rata-rata lima tahun lebih tua daripada istrinya. Istri dengan tingkat pendidikan lebih tinggi membuat ikatan perkawinan lebih kuat daripada istri berpendidikan rendah.

Apabila istri lebih muda lima tahun atau lebih daripada suami, peluang pernikahan langgeng naik enam kali daripada pasangan dengan usia suami lebih muda. Ketika kedua pasangan berpendidikan tinggi, peluang menciptakan keluarga awet naik dua kali dibandingkan pasangan berpendidikan menengah. Seorang istri dengan tingkat pendidikan lebih tinggi daripada suaminya mampu meningkatkan keutuhan keluarga rumahtangga hingga delapan kali.

Studi menjelaskan pria dan wanita memilih pasangan hidup mereka berdasarkan rasa cinta, dorongan seksual, persamaan pandangan hidup, dan norma-norma yang dianut bersama. Beberapa faktor seperti perbedaan usia, pendidikan dan asal, menurut ahli, membantu menurunkan risiko perceraian di kemudian hari.

Menurut ahli, Beyonce dan Jay-Z akan bertahan lebih lama dalam ikatan pernikahan. Jay-Z berusia 11 tahun lebih tua daripada sang istri dan Beyonce memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi daripada suami. Sebaliknya, ahli memperkirakan peluang keutuhan rumah tangga Catherine Zeta-Jones dan Michael Douglas lebih kecil karena Douglas memiliki pengalaman kandas membina rumah tangga sebelumnya.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024