Sultan Brunei Koleksi 5.000 Mobil Mewah

VIVAnews - Ini cerita tentang Sultan Hassanah Bolkiah. Pemilik kerajaan yang cuma secuil di pinggir Pulau Kalimantan itu punya 5000 mobil. Jumlah itu sekitar 1,5 persen dari total penduduk Brunei yang jumlahnya 330 ribu. Semua mobil itu disimpan di sebuah garasi raksasa dekat istana kerajaan.

Rupiah Mulai Menguat ke Level Rp 16.172 per Dolar AS

Seorang saksi mata menuturkan bahwa memerlukan waktu 1,5 jam untuk menuju mobil yang paling belakang. Sudah pasti Sultan tak serepot itu. Dia tinggal bilang mobil mana yang mau ditumpangi hari itu.

Koleksi sang raja bukan sembarang mobil. Jenisnya beragam. Kriterianya adalah paling mahal, paling indah, paling jarang, paling cepat, dan paling unik. Bahkan dia memiliki enam Rolls-Royce Phantom anti peluru yang amat langka di muka bumi ini.

Sultan memang klien abadi Rolls-Royce. Perusahaan itu menyediakan 40-50 unit per tahun untuk kerajaannya. Sang Sultan amat memburu mobil langka seperti Bentley Java dan Bentley Dominator 4x4. Dari Aston Martin ada Aston Martin AM3, Aston Martin DB7 dan V8 AM2.

Sultan juga memiliki banyak mobil unik dan dibuat khusus untuk dirinya. Ada Ferrari FX yang diproduksi enam unit di dunia. Mobil  teknologinya menggunakan mesin Flat 12 dari Ferarri Testarossa dan transmisi 7-speed sequential dari Williams BMW Formula 1 team.

Dari koleksi Ferrari-nya termasuk Ferrari Testarossa F90, Ferrari F50 Bolide Tub by Pininfarina, Ferrari 550 Barchetta Speciale, Ferrari 456 GTA Venice Estate dan lain sebagainya. Keluarga kerajaan juga memiliki dua Ferrari Mythos yang masih beroperasi dengan baik.

Sultan Brunei ke 29 ini juga pecinta balap mobil. Dia bahkan memiliki museum pribadi yang mengkoleksi mobil-mobil Formula One yang menjuarai gelaran ini sejak 1980. Dia membelinya dari tim-tim pemenang, termasuk FW19 yang dikendarai Velleneuve saat bertabrakan dengan Michael Schumacher pada 1977.

Menurut catatatn Harian Inggris The Daily Mirror pada Oktober 2007, Sultan mengoleksi mobil sebagai berikut ini; 531 Mercedes, 367 Ferraris, 362 Bentleys, 185 BMWs, 177 Jaguars, 160 Porsches, 130 Rolls-Royces dan 20 Lamborghinis.

Kemewahan juga mengalir hingga ke kerajaan. Seperti para menteri, pejabat pemerintah dan keluarga kerajaan lain. Mobil-mobil kerajaannya meliputi 350 unit Rolls-Royce, 6 Dauer962 LM, 8 unit McLaren F1, satu-satunya Mercedes-Benz CLK-GTR bersetir kiri di dunia, Lamborghini Diablo Jota, dua Jaguar XJR15, dan juga ada  Ferrari, Mercedes-Benz, Jaguar, Porsche, dan Bentley.

Tangkapan layar - Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Rabu, 17 April 2024, disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Wakil Presiden RI.

Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk melaporkan mengenai konsistensi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024