Zbee, Mobil Listrik Swedia Pengganti Bajaj Meluncur 12 Juni

ZBee, kendaraan listrik asal Swedia.
Sumber :
  • evguide.nu
VIVAnews –
Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?
Perusahaan mobil listrik asal Swedia, Clean Motion, berencana meluncurkan kendaraan roda tiga bertenaga listrik, ZBee, secara global di Indonesia pada 12 Juni 2013.

520 Warga Palestina Tewas, Terluka dan Hilang di Jalur Gaza dalam Waktu Seminggu

Dalam keterangan resmi Kedutaan Besar Swedia untuk Indonesia yang diterima
Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN
VIVAnews ,
world premiere
Zbee akan dilaksanakan di Balaikota Jakarta pada 12 Juni 2013.


Clean Motion memproyeksikan Zbee akan menggantikan kehadiran angkutan umum seperti Bajaj. Sebab, kendaraan asal India yang mengeluarkan banyak kepulan asap itu akan digantikan dengan kendaraan ramah lingkungan.


Bahkan, rencananya Zbee akan diproduksi di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Pabrik yang berlokasi di Jawa Timur itu rencananya akan memiliki kapasitas produksi 100 ribu unit per tahun.


Untuk desain Zbee memang tampak seperti Bajaj. Namun, yang pasti, kualitas gas buang kendaraan ini akan lebih hijau, dan membuat udara Jakarta lebih bersih.


Sebelumnya, rencana kehadiran pengganti Bajaj ini pernah dibahas Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pada Februari lalu. Waktu itu, Ahok menerima tamu dari Kedutaan Swedia yang datang untuk mempresentasikan kerja sama antara Indonesa dan Swedia, khususnya Jakarta.


Dalam kunjungannya, Kedutaan Swedia yang memboyong staf ahli, berniat membantu sistem transportasi Jakarta dengan sebuah kendaraan motor listrik ramah lingkungan, yaitu Zbee. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya