1,1 Juta Motor Matik Honda "Lahir" di Karawang

All New Honda BeAT Injeksi. Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL
- Tingginya pasar motor matik membuat PT Astra Honda Motor (AHM), mulai hari ini, Jumat 17 Mei 2013 resmi mendirikan pabrik keempat di kawasan Industri Indotaisei, Kota Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Rencananya, di atas tanah seluas 84 hektare, pabrik yang dijadwalkan akan mulai produksi semester kedua pada 2014, ditargetkan mampu menampung 1,1 juta unit per tahun, yang ditujukan untuk motor jenis matik.
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior


Menurut
Production, Engineering and Procurement Director
AHM David Budiono, pabrik keempat ini dibangun dikarenakan pasar sepeda motor yang masih meningkat, khususnya skutik sampai 60 persen lebih.


"Kita berharap untuk dua tahun kedepan, total market bisa mencapai lebih dari 7 juta. Kalau sudah 7 juta, maka kita harus, memenuhi pasar dan harus membangun pabrik ini, di mana kapasitasnya bisa mencapai 1,1 juta untuk skutiknya saja," kata David kepada wartawan, saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Jumat 17 Mei 2013.


Untuk melakukan produksi, lanjut David, hingga saat ini, lokal komponen motor Honda termasuk matik, telah mencapai 90 persen lebih.


Di pasar nasional, deretan motor matik Honda masih mendominasi, di antaranya Honda Beat, Vario, Spacy, Scoopy, hingga matik premium PCX.


Di antara lima tipe motor matik di atas, yang belum di produksi di Indonesia, hanya PCX. Mengapa AHM tak berniat memproduksi motor matik premium di Indonesia?


"Sampai saat ini kita belum berencana untuk memproduksi PCX disini. Tapi kita akui, motor PCX memang punya segmentasi sendiri," kata David.


Saat ini, kata David, AHM masih konsentrasi untuk produksi-produksi varian yang ada seperti motor bebek, skutik, dan motor sport, yang memang pasarnya masih meningkat. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya