Etios-Yaris Kalah Laku dengan Brio-Jazz

Toyota Etios Valco
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra
VIVAnews
Megawati Masih Rutin Bertemu Ganjar-Mahfud Usai Pilpres 2024, Bahas Apa?
- Toyota Astra Motor punya ambisi baru menjadi 'raja'
citycar
Pengamat Sebut Hak Angket Berpotensi Layu Sebelum Berkembang, Ini Alasannya
nasional, dengan mobil anyar miliknya, Etios Valco. Namun, hal itu tidak akan mudah lantaran harus menghadapi lawan-lawan tangguh, salah satunya adalah Brio.
Putri Marino: Parfum Bukan Hanya Tentang Aroma, Tapi Juga Jadi Cerminan Diri!

Berdasarkan data penjualan yang dirilis TAM, Etios Valco yang diluncurkan 11 Maret lalu, terserap pasar sebanyak 1.289 unit. Angka itu terbilang cukup memuaskan karena umur Etios belum genap sebulan.


Menurut
Marketing Director
PT Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto, tipe Etios yang banyak diminati konsumen adalah E (menengah) dan G (tertinggi). "Jika keduanya digabung kira-kira 90 persen dari total keseluruhan, sedangkan sisanya tipe J (terendah)--tanpa power steering," kata Joko kepada
VIVAnews
.


Meski begitu, Toyota Etios masih harus mengakui keunggulan Honda Brio yang mengemas penjualan sebanyak 2.843 unit pada Maret lalu. Brio yang juga berstatus pemain baru di segmen citycar, menjadi ancam serius bagi model lainnya seperti Picanto, March, Sirion, Mirage dan Splash.


Di tiga bulan terakhir 2013, Brio memimpin penjualan
citycar
nasional, meski di Januari lalu sempat kalah dengan KIA Picanto.


Persaingan sengit antara Toyota dan Honda juga tersaji di segmen
hatchback
. Terlebih, Yaris pada tahun lalu sukses mencuri gelar 'raja'
hatchback
dari Jazz.


Tapi di awal 2013, Jazz bangkit untuk membalikkan keadaan. Dimulai pada Januari lalu, Jazz terlego 2.337 unit, sedangkan Yaris 1.529 unit. Satu bulan berikutnya, Jazz kembali unggul dengan 2.999 unit, adapun Yaris terlego 1.843 unit.


Pada bulan lalu, Yaris kembali tak mampu mengalahkan Jazz. Tercatat Yaris hanya terserap pasar sebanyak 2.258 unit, dan Jazz terjual 3.668 unit. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya