Mengenal Klub Motor Antik Ibukota

Motor Antique Club Indonesa (MACI)
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
- Ratusan motor jadul (jaman dulu) rakitan tahun 1920-an sampai 1980-an di Ibu kota, yang tergabung dalam Motor Antique Club Indonesia (MACI) chapter Jakarta merayakan ulang tahunya yang ke-29.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Menurut 'bro' Ronny Setiawan Ketua MACI Jakarta Raya, ulang tahun ke-29 ini merupakan bagian dari kegiatan internal, namun tetap menjaga silahturahmi dengan para club motor lainnya yang ada di Jakarta.
Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 


"Kali ini kita cuma kumpul bersama internal dan undangan-undangan untuk merayakan kehadiran MACIĀ  yang sudah masuk usia 29 tahun sejak berdirinya di Jakarta," kata Ronny, kepada
VIVAnews
.


"Kami juga ingin lebih memperkenalkan ke masyarakat umum, bahwa motor antik club itu ada," sambung Ronny.


MACI Jakarta, kata Ronny, saat ini ke anggotaannya terdapat di beberapa wilayah Jakarta, mulai dari Timur, Utara, Barat, Pusat, Selatan, hingga Depok. Jumlah anggota MACI saat ini lebih dari 200 orang.


"Syarat menjadi anggota sendiri mudah, hanya harus punya motor yang dibuat paling muda tahun 80an,
ga
harus motor Inggris atau Amerika, Jepang juga boleh," jelasnya.


"Sebelumnya anggota MACI Jakarta sampai 700 orang, tapi berhubung motor antik harganya semakin mahal, tak jarang mereka milih
ngejual
, dan hasilnya anggota kita jadi berkurang," bebernya.


Meski begitu, Ronny mengakui MACI Jakarta hanyalah sebagian kecil, pasalnya MACI di Indonesia sudah tersebar di 28 Provinsi di tiga wilayah di seluruh Indonesia.


"Sekarang kita hanya Jakarta yang ke-29, tapi MACI pusat, sudah berdiri dari tahun 1961," kata dia.


Motor-motor antik yang kumpul mulai dari BSA, Triumph, Jawa, Puch, AJS, DKW, Horex, Indian, Vellocete, NSU, Matchless, Sunbeam, Honda CB.


MACI berharap masyarakat umum bisa lebih mengenal dan memelihara motor antik, karena itu merupakan bagian dari sejarah sepeda motor di Indonesia.


Adapun bagi Anda yang ingin bergabung dengan MACI, syaratnya hanya memiliki satu unit motor jadul yang dibuat paling muda tahun 80-an, selain itu foto 3x4, dan yang terpenting selalu taat berkendara dan berlalu lintas. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya