10 Jalan Lurus dan Terpanjang di Dunia

Jalan terpanjang di dunia
Sumber :

VIVAnews – Jika ingin cepat mencapai suatu tempat, Anda mungkin berfikir tentang berkendara di sebuah jalan lurus seperti garis tanpa berkelok-kelok. Kenyataannya, di sejumlah negara, memang ada jalan lurus seperti itu. Tak hanya lurus tapi juga sangat panjang.

Dilansir Jalopnik, terdapat 10 jalan lurus dan terpanjang di dunia. Panjang jalan itu mencapai ratusan kilometer lebih tanpa belokan. Jalur lurus terpanjang ini juga bukan seperti di jalur pantai utara (Pantura) yang terdapat di pulau Jawa. Karena di jalur panturan kontruksi tanah dan jalannya masih memiliki banyak belokan dan bergelombang.

Salah satu jalan terpanjang itu terdapat di Saudi Arabia. Tidak tanggung-tanggung, jalan yang membelah gurun tersebut memiliki panjang hingga 162 mil atau sekitar 260 km.

Jalan panjang yang dikenal dengan sebutan Highway 10 itu tidak memiliki belokan. Saking panjangnya, jalan tersebut juga menghubungkan dua wilayah perbatasan antara Harad dengan Badha, Uni Emirat Arab.

Selain Arab Saudi, Australia juga memilik jalur terpanjang, yaitu Eyre Highway “90 Mile Straight”. Sesuai dengan namanya, jalan ini memiliki panjang hingga 90 mil atau sekitar 145 km.

Karena panjang dan jalan yang bagus, 90 Mile Straight dapat digunakan sebagai tempat landasan pesawat darurat.

Berikut 10 jalan lurus terpanjang menurut Jalopnik:

1. Eyre Highway, Saudi Arabia
2. Eyre Highway “90 Mile Straight”, Australia
3. Highway 46, North Dakota, US
4. Highway 15/64 Texas –Oklahoma, US
5. Jalur panjang antara perbatasan Jordan ke Bahrain
6. I-80W, Lincoln, Nebraska, US
7. SK-33, Saskatchewan, Kanada
8. Jalur panjang antara perbatasan North Dakota, US sampai Kanada.
9. I-10W, Phoenix, US
10. CO 17, Colorado, US

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri
Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024