Daftar Mobil Keluarga Murah untuk Mudik

Nissan Resmi Luncurkan Evalia Di Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews – Mahalnya biaya transportasi umum yang setiap tahun terus meningkat tentu saja memberatkan para calon pemudik. Tidak hanya itu, transportasi umum yang biasa mengangkut pemudik pun dinilai kurang memadai. Mulai dari kelayakan, kebersihan, hingga keamanan.

Maka tak heran kalau para pemudik banyak memilih menggunakan kendaraan pribadi. Dan yang paling banyak diminati adalah mobil dengan kapasitas penumpang cukup banyak atau MPV (Multi Porpose Vehicle).

Selain memiliki kabin luas dengan kapasitas tujuh penumpang, mobil ini juga memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni untuk perjalanan jarak jauh, dan pastinya memiliki harga yang terjangkau.

Nah, berikut ada beberapa varian mobil MPV yang cocok untuk mudik bersama keluarga dengan harga di bawah Rp200 juta.

Toyota Avanza

Pelopor dari mobil keluarga memiliki berbagai tipe mesin, mulai dari 1.3E, 1.3G dan 1.5G, serta 1.5S (Veloz). Untuk Avanza 1.3 dan 1.5S (Veloz) dilengkapi transmisi manual dan otomatis, sedangkan Avanza 1.5G hanya tersedia transmisi manual saja.

Mobil ini dilengkapi mesin 4 silinder, 16 V, DOHC, VVT-I. Avanza yang bisa menampung 45 liter bahan bakar ini dilepas dengan kisaran harga Rp150-187 juta.

Daihatsu Xenia

Saudara kembar Avanza ini dibekali mesin K3-VE, DOHC, VVT-I berkapasitas 1.3-liter yang mampu melontarkan daya hingga 92 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 12.2 kgm pada 4.400 rpm.

Xenia dilengkapi transmisi manual dengan 5-percepatan. Dari segi spesifikasi cc mesin memang lebih rendah dibanding Avanza. Xenia memiliki pilihan mesin 1.0-liter dan 1.3-liter. Xenia dibanderol lebih murah dari Avanza yaitu Rp132-141 juta.

Suzuki Ertiga

Mobil Suzuki paling laris saat ini memang menjadi idola baru di segmen MPV. Ertiga dipersenjatai mesin 1.4-liter 4-silinder segaris, Variable Valve Timing (VVT), bertenaga 95 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.000 rpm.

Harga untuk Suzuki Ertiga dimulai dari Rp143 juta hingga Rp165 juta on the road Jakarta. Dari sejumlah keunggulan yang dimiliki, Ertiga memiliki beberapa kekurangan seperti tidak memiliki pilihan tipe transmisi otomatis dan tidak ada AC double blower.

Nissan Evalia

Jagoan terbaru Nissan ini dilengkapi sliding door pada bagian kanan-kiri. Mobil yang memiliki dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.695 mm dan wheelbase 2.725 mm, dilengkapi mesin 1.500 cc HR15DE yang juga tersemat di Nissan Juke.

Nissan melepas Evalia dengan harga Rp145-185 juta. Harga terendah adalah tipe S, kemudian disusul SV manual dan SV matik yang masing-masing Rp162 juta dan Rp172 juta. Sedangkan tipe selanjutnya adalah XV manual yang dibanderol Rp175 juta dan XV matik Rp185 juta.

Tokoh Pendidikan Indonesia Jadi Pembicara di Forum Perempuan Dunia di Markas PBB
Bea Cukai gagalkan peredaran rokok ilegal

Tindak Lanjuti Aduan Masyarakat, Bea Cukai Kediri Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal

Menindaklanjuti aduan masyarakat tentang adanya peredaran rokok ilegal, Bea Cukai Kediri melakukan giat operasi pasar yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Nganjuk.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024