Musuh Kuat Avanza-Xenia & Ertiga dari Honda

Honda Brio
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Produsen otomotif terbesar di Jepang, Honda berencana membuat mobil jenis low MPV (Multi Porpose Vehicle) yang akan dipasarkan paling lambat akhir 2014.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Mobil tujuh penumpang dengan sebutan kode 2NH, diplot Honda untuk bisa menyaingi Suzuki Ertiga yang ramai peminat di pasar India dan Indonesia.

Dilaporkan Motorbeam, Jumat 25 Mei 2012, Honda 2NH akan menggunakan platform Jazz generasi baru dan Brio. Mobil ini terdiri dari 3 baris kursi dengan kapasitas 7 penumpang.

Honda 2NH akan ditawarkan dalam dua pilihan tipe mesin. Pertama mesin bensin 1,5-liter i-VTEC. Sementara untuk diesel 1,4 atau 1,6 liter. Pasar utama MPV Honda adalah India dan Indonesia. Untuk itu, Honda berupaya menekan harga agar relatif terjangkau namun memiliki fitur yang unggul dikelasnya. Seperti transmisi 5 percepatan otomatis dan CVT gearbox.

Langkah lain untuk menekan harga adalah menyingkirkan pintu geser yang diadopsi Freed, dan menggantinya dengan pintu konvensional.

Sebelumnya, Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia juga telah mengungkapkan rencananya menghadirkan Low MPV yang diambil dari platform Brio. MPV Brio akan langsung head to head Avanza-Xenia dan Ertiga.

MPV Brio akan diproduksi setelah HPM selesai membangun pabrik baru di Karawang. Buat membangun pabrik perakitan baru tersebut, agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia tersebut harus menggelontorkan dana investasi sebesar Rp3,1 triliun. (umi)

Suasana Shibuya Scramble Crossing, Tokyo, Jepang, di malam hari.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Kedutaan Besar Jepang membuka tawaran beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas di Jepang.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024