- business.rediff.com
VIVAnews - Produsen mobil Toyota akan lebih fokus ke pasar China. Tak tanggung-tanggung, perusahaan asal Jepang itu akan mengenalkan 20 model mobil baru selama tiga tahun ke depan untuk merebut hati konsumen China.
Target itu diumumkann oleh Chief Executive Officer (CEO) Toyota, Akio Toyoda, saat berlangsungnya pameran otomotif internasional di Beijing, China.
Dalam pameran itu, Toyota dan dua mitra usahanya --FAW Toyota dan Guangqi Toyota-- mengeluarkan 50 model mobil berbeda. Toyoda secara khusus menyatakan bangga dengan kemajuan di bidang energi kendaraan.
"Selama lebih dari 20 tahun, Toyota mencari teknologi ramah lingkungan," kata Toyoda seperti dikutip inautonews, Selasa 8 Mei 2012.
Toyoda menambahkan, perusahaannya telah meletakkan dasar yang kuat untuk mengembangkan mobil hybrid dan akan diproduksi dalam waktu dekat. Toyota sendiri telah mengamati kendaraan yang populer di China dan berusaha memasuki segmen pasar di negeri Tirai Bambu itu.
Sementara itu, Wakil Manajer Eksekutif Toyota China, Dong Changzheng, mengungkapkan strategi bisnis mereka di China yang disebut dengan 'Yundong'.
Rencana bisnis itu merupakan usaha membawa teknologi ke China, memajukan sistem pemasaran, dan manajemen domestik, serta memperkenalkan produk yang cocok dengan konsumen China serta bisa melampaui ekspektasi mereka.
Peran penting strategi ini akan dipegang oleh Toyota Motor Engineering and Manufacturing (China) R&D Center yang terletak di Changshu, Jiangsu. (art)