Motor Bebek Matik di RI Terancam "Punah"?

Yamaha Lexam
Sumber :
  • Yamaha

VIVAnews - Kehadiran motor bebek matik di pasar nasional tidak terlalu signifikan. Motor yang mulai dipasarkan sejak 2010 terus mengalami penurunan penjualan. Mulai dari Honda Revo AT dan Yamaha Lexam.

Lalu bagaimana kelangsungan motor bebek matik ke depannya? Wakil Direktur Presiden Direktur PT AHM Johannes Loman mengakui jika penjualan Revo AT tergolong memprihatinkan bila dibanding dengan tipe motor lainnya.

"Kami masih terus mempelajari pangsa motor bebek ini. Hingga saat ini penjualan Revo AT terus berlangsung dan tidak dihentikan," kata dia.

Pendapat serupa juga diungkapkan, General Manager Promotion and Communications PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Eko Prabowo akhir pekan lalu. Menurut Eko, Yamaha sedang menyelidiki penyebab tidak lakunya Lexam di pasaran.

"Masyarakat kita tahunya kalau matik itu bentuknya skuter bukan bebek. Mungkin itu yang membuat mereka bingung, pasti akan kami cari tahu lagi," kata Eko.

Seperti diketahui, sejak pertama kali diperkenalkan ke pasar oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada Juni 2010. Honda Revo AT yang dibanderol Rp15,8 juta per unit dipatok target volume penjualan sebanyak 3.000 unit per bulan.

Tapi pada tahun pertama diluncurkan, Honda Revo AT hanya mampu mengantongi volume penjualan sekitar 7.724 unit. Angka itu setara dengan rata-rata 1.287 unit per bulan. Artinya, masih jauh dari target.

Kondisi Revo AT kian memilukan setahun kemudian. Pada tahun 2011, Revo AT hanya mencatat rata-rata penjualan 426 unit per bulan. Begitu juga dengan Lexam yang baru hadir pada Januari 2011, hanya mencatat rata-rata 564 unit per bulan.

Catat buruk terus belanjut, baik Honda maupun Yamaha tidak sanggup menjual produknya di bulan Februari dan Maret lalu. Honda Revo AT dan Yamaha Lexam sama-sama membukukan angka penjualan 0 unit. Sedangkan total penjualan kedua motor ini dari Januari-Maret 2012, hanya 36 unit.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024